Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Gabungan Angkatan Laut

Kompas.com - 27/05/2011, 03:14 WIB

Jakarta, Kompas - TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat (United States Navy) menggelar latihan bersama Cooperation Afloat Readiness and Training Ke-17. Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Soeparno bersama Wakil Duta Besar Amerika Serikat Theodore Osius membuka latihan bersama di Markas Armada RI Kawasan Barat di Jakarta, Rabu (25/5).

”Latihan ini meningkatkan kemampuan koordinasi TNI AL dan AL AS dalam koordinasi, kerja sama teknis, dan membangun profesionalisme,” kata Soeparno.

Ketika ditanya apakah latihan TNI AL dan AL AS akan ditingkatkan dalam bentuk patroli bersama di kawasan tertentu seperti Selat Malaka dan Laut China Selatan, KSAL menyatakan belum ada rencana tersebut. Demikian pula rencana komite keamanan bersama belum dibahas dengan mitra Amerika Serikat.

Sebelumnya dalam Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN di Hanoi, Vietnam, tahun 2010, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengungkapkan niatnya untuk meningkatkan keterlibatan di kawasan Asia Tenggara, terutama di Laut China Selatan.

Wakil Dubes Theodore Osius menjelaskan hal senada dan menyatakan belum ada rencana patroli gabungan dengan TNI AL.

Pekan lalu dalam kunjungan Menteri Pertahanan China Liang Guang Lie disepakati patroli terkoordinasi TNI AL dan AL China.

Soeparno mengingatkan bahwa di Selat Malaka sudah ada patroli bersama Singapura, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Ke-17 menurut Osius merupakan kegiatan rutin yang sudah diadakan dengan enam negara anggota ASEAN, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei, Kamboja dan Indonesia.

”Kami juga melakukan bakti sosial antara Korps Zeni AL AS (Sea Bees), tim medis AL AS dan TNI AL berupa pengobatan dan pembangunan fisik,” ujar Osius.

Menurut Osius, dilibatkan tiga kapal perang AS, yakni USS Reuben James, USS Howard, dan USS Tortuga. Terdapat kontingen Marinir AS (USMC) yang berlatih pertempuran rimba dengan Marinir TNI AL di Tasikmalaya, Jawa Barat.

TNI AL mengerahkan 3 kapal perang, 3 helikopter, Komando Pasukan Katak, Marinir dan lain-lain. Total dilibatkan 1.500 personel militer Indonesia dan Amerika Serikat.

Kapal perang

Dalam sebulan terakhir, Indonesia dikunjungi sejumlah kapal perang dari Amerika Serikat, Perancis, dan Rusia serta pada Juni akan diadakan latihan militer Indonesia dan Republik Rakyat China di Jawa Barat. (ONG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com