Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Lemak, Cegah Diabetes

Kompas.com - 25/05/2011, 15:51 WIB

KOMPAS.com — Mengurangi konsumsi makanan berlemak lebih efektif untuk mencegah diabetes dibandingkan menurunkan berat badan. Hal ini sangat penting, terutama untuk mereka yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes.

Seseorang didiagnosa diabetes bila tubuhnya tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak memakai insulin yang ada dengan benar. Insulin adalah hormon yang dikeluarkan pankreas dan diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Alabama, Birmingham, AS, diketahui, mengurangi asupan lemak dalam pola makan selama delapan minggu efektif meningkatkan sensitivitas insulin, toleransi glukosa, serta meningkatkan pelepasan insulin. Dengan kata lain, hal ini berarti berkurangnya risiko diabetes.

"Yang penting digarisbawahi adalah fokus pada kualitas makanan, bukan kuantitasnya, yang memberi hasil berbeda untuk mengurangi risiko diabetes tipe dua," kata Barbawa Gower, ahli nutrisi dari Universitas Alabama.

Hasil penelitian yang dilakukannya juga menyimpulkan, mengurangi asupan lemak hingga 27 persen dari pola makan harian bisa mengurangi risiko diabetes dalam jangka panjang. Pembatasan lemak hingga 27 persen dan 55 persen karbohidrat yang dilakukan partisipan dalam studi ini, menurut Gower, masih tergolong moderat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com