Minggu, 21 Desember 2014

News / Nasional

Penguatan Pancasila

Presiden-Pimpinan Lembaga Negara Kumpul di MK

Selasa, 24 Mei 2011 | 09:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono bertemu dengan para pemimpin lembaga negara di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (24/5/2011). Pada pertemuan ini, Presiden, Wapres, dan Ketua MK Mahfud MD, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MA Harifin Tumpa, Ketua BPK  Hadi Poernomo, dan Ketua Komisi Yudisial Erman Suparman akan berbicara mengenai sinergitas dan penguatan Pancasila. Tema dari pertemuan ini adalah "Memantapkan Posisi dan Peran Masing-masing Lembaga Negara dalam Upaya Penguatan Pancasila sebagai Dasar Ideologi Negara".

Pengambilan tema ini, menurut Ketua MK selaku tuan rumah kali ini, dilatarbelakangi melemahnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, tantangan di era keterbukaan dan globalisasi juga memungkinkan masuknya ideologi-ideologi lainnya. Karena itu, pada kesempatan tersebut, Presiden, Wapres, dan pemimpin lembaga negara akan membahas sejumlah isu strategis, seperti perlunya pemahaman kembali Pancasila sebagai dasar ideologi negara yang terbuka, memulihkan kesadaran seluruh warga bahwa Pancasila telah teruji dalam memberikan tuntunan terkait pluralisme bangsa.

Selain itu, dibahas pula perlunya gerakan yang terstruktur, sistematis, dan masif dalam melibatkan lembaga negara di semua cabang kekuasaan negara untuk merevitalisasi, menginternalisasi, dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Menurut siaran pers yang diedarkan, pada pertemuan tersebut tiap-tiap lembaga negara mempersiapkan gagasan dan pokok pemikiran mengenai apa yang sudah dan harus dilakukan terkait langkah-langkah bersama guna memperkuat Pancasila sebagai dasar ideologi negara. Pertemuan ini diharapkan mampu menghasilkan tindak lanjut yang lebih konkret. Acara berlangsung pukul 09.00 hingga pukul 12.50 WIB.

Pertemuan ini berlangsung tertutup. Di akhir acara, Presiden, Wapres, dan pemimpin lembaga negara akan menyampaikan pernyataan bersama mengenai hasil yang dicapai pada pertemuan tersebut. Sebelumnya, Presiden dan para pemimpin lembaga negara pernah bertemu di Istana Kepresidenan Bogor.


Editor : Inggried