Sabtu, 29 November 2014

News / Bugar & Sehat

Kiat Diet Sehat dengan Yogurt

Senin, 16 Mei 2011 | 11:06 WIB

KOMPAS.com - Yogurt aman dikonsumsi setiap hari, dan bisa membantu program diet Anda. Kiatnya, konsumsi dua kali sehari, sebagai menu utama dan camilan di sela waktu makan. Makan yogurt saat sarapan atau makan malam, dengan takaran 200 miligram per sekali makan. Lalu makan satu kali lagi sebagai camilan per harinya, dengan takaran yang sama.

Artinya, dalam satu hari, sebaiknya konsumsi 400 miligram yogurt. Pilihan jenisnya bebas saja. Boleh frozen yogurt atau yogurt cair. Apapun rasa dan jenis yogurt, aman dimakan untuk menu diet Anda, dua kali sehari.

Dr Ira Indriasari, pendiri Klinik Ira Skin Care dan Slimming di Jakarta mengatakan yogurt baik untuk mereka yang sedang menjalani diet. Utamanya, karena yogurt menyehatkan pencernaan. Untuk program diet, dr Ira menyarankan mengasup yogurt saat sarapan. Namun, tegasnya, pilihan ini sebaiknya dijalani oleh mereka yang tidak menderita maag akut.

"Yogurt baik untuk sarapan, tetapi untuk penderita maag akut sebaiknya jangan makan yogurt untuk sarapan, tetapi ganti waktu makan yogurt pada malam harinya dan sebagai camilan," jelas dr Ira kepada Kompas Female seusai perayaan tiga tahun Sour Sally di La Piazza, dalam rangkaian kegiatan Jakarta Fashion & Food Festival 2011, Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (15/5) lalu.

Lebih jelasnya, berikut menu diet dengan yogurt saran dari dr Ira:
Pagi
Sarapan dengan 200 miligram yogurt ditambah topping buah segar. Kalau menderita maag akut, ganti yogurt dengan susu, roti atau buah sebagai sarapan.

Siang
Makan siang seperti biasa, dengan kandungan karbohidrat, serat, protein. Namun batasi makan nasi tiga sampai lima sendok saja. "Saat menjalani diet, pastikan asupan karbohidrat tetap terpenuhi setiap hari," tambah dr Ira.

Malam
Makan malam dengan sayur dan buah. Bagi penderita maag akut, aman untuk makan malam dengan yogurt sekaligus untuk memenuhi asupan 200 miligram yogurt per sekali makan.

Camilan
Camilan penting di sela waktu makan. Yakni pada waktu di antara sarapan dan makan siang, juga di antara makan siang dan makan malam. Nah, yogurt bisa menjadi pilihan camilan satu di antara dua pilihan waktu makan camilan ini. Takaran yogurt sebagai camilan 200 miligram. Dengan begitu, kebutuhan yogurt 400 miligram per hari terpenuhi, sekaligus bisa mendukung program diet Anda.


Editor : wawa