Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Jatuh, 27 Tewas

Kompas.com - 08/05/2011, 02:30 WIB

Manokwari, Kompas - Pesawat Merpati bernomor penerbangan MZ-8968 tujuan Sorong-Kaimana-Biak jatuh dan hancur di laut, 500 meter dari Bandar Udara Utarom, Kaimana, Papua Barat, Sabtu (7/5). Semua penumpang yang berjumlah 21 orang dan 6 awak pesawat tewas.

Kepala Bandara Utarom Gagarin Moniaga menyebutkan, pesawat tersebut jatuh pukul 13.45 WIT, beberapa menit sebelum jadwal pendaratannya di Kaimana. Pesawat diduga mengalami kerusakan mesin. Sebab, sekitar 10 menit sebelum jatuh, pilot Purwadi Wahyudi masih sempat mengontak petugas bandara.

”Tiba-tiba saja komunikasi terputus, lalu pesawat jatuh di sisi selatan bandara. Badan pesawat hancur karena meledak lebih dulu,” ujar Gagarin yang dihubungi dari Manokwari, Papua Barat.

Pesawat buatan China itu terbang dari Sorong pada pukul 12.40 WIT dan dijadwalkan mendarat di Kaimana pukul 14.10.

Menurut Gagarin, cuaca saat kejadian sangat buruk. Hujan disertai angin kencang menyulitkan jangkauan pandang awak pesawat. Pesawat yang sudah bersiap-siap mendarat tiba-tiba terangkat kembali akibat angin yang bertiup kencang.

Gagarin menambahkan, kondisi landasan sepanjang 1.600 meter itu layak didarati dan bersih dari gangguan. Tidak ada alasan pesawat membatalkan mendarat di landasan 01 arah timur. Pesawat Merpati jenis MA-60 pun sudah biasa mendarat di Bandara Kaimana.

Warga di Kaimana, Dian Yasmin (30), mengatakan, cuaca di Kaimana sejak Sabtu pagi hingga sore memang buruk, bahkan sempat terjadi badai ringan.

Kepala Operasi Pengisian Bahan Bakar Pertamina Bandara Utarom Hayat Laobo menambahkan, tubuh pesawat itu hancur berkeping-keping saat menghunjam ke laut.

Pesawat datang dari arah timur dan sudah pada posisi final untuk mendarat di landasan 01. ”Namun kira-kira 200 meter dari ujung landasan, pesawat tampak menambah tenaga untuk terbang lagi,” kata Hayat.

Ia tidak mengetahui situasi dan kondisi yang memaksa pilot kembali menambah tenaga dan membelokkan pesawat ke arah selatan. Begitu pesawat mulai menanjak dan berbelok ke kiri, pesawat jatuh ke laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com