Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati: Tak Ada Gangguan Jadwal!

Kompas.com - 07/05/2011, 15:01 WIB

KAIMANA, KOMPAS.com - Chief Sales Executive Merpati Nusantara di Jayapura, Dermawan Saputra, mengaku tidak ada gangguan penerbangan pascamusibah jatuhnya pesawat M-60 milik Maskapai Merpati Nusantara Airlines di laut dekat Bandara Utarom atau Bandara Kaimana, Papu Barat, Sabtu (7/5/2011) siang, sekitar pukul 14.00 WIT. 

"Tidak ada gangguan. Kami masih ada beberapa pesawat pengganti," ujar Dermawan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/5/2011).

Diberitakan sebelumnya, Maskapai Merpati Nusantara Airlines sebenarnya memesan 15 unit pesawat jenis MA-60. Pesawat jenis itulah yang jatuh di Kaimana, Sabtu siang ini. Adapun, pembelian pesawat itu pun sebenarnya adalah bagian dari pembangunan pembangkit listrik 10.000 megawatt.

Saat ini, kemungkinan baru ada empat unit pesawat jenis MA-60 di tangan Merpati. Karena pada Rabu (4/4/2011) kemarin, kepada Kompas, Sekretaris Perusahaan Merpati Imam Turidi mengatakan, masih ada 11 unit pesawat Merpati jenis MA-60 yang belum datang.

Pesawat yang diproduksi Xi'an Aircraft Industrial Corporation di bawah China Aviation Industry Corporation I (AVIC I), sebenarnya mampu mengangkut 60 orang. Bukan hanya 20-an pesawat seperti pesawat yang jatuh di Kaimana, Papua Barat itu.

Pesawat berbaling-baling ini pun, mampu terbang dengan kecepatan maksimal hingga 514 kilometer per jam. Ditopang oleh dua mesin & Whitney Canada PW127J. Dengan wilayah jelajah 1.600 kilometer, pesawat ini mampu terbang hingga 7.620 meter.

Pesawat Merpati jenis MA-60 ini pun, akan dimanfaatkan Merpati untuk melayani jalur penerbangan komuter. Tadinya, Merpati menerbangkan pesawat-pesawat jenis Fokker 27 dan 100.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com