Sabtu, 23 Agustus 2014

News / Nasional

Radikalisme

TK Ajak Putra Kartosuwiryo Insyafkan NII

Rabu, 4 Mei 2011 | 11:55 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua MPR Taufiq Kiemas merangkul putra mantan pemimpin DI/TII, Kartosuwiryo, untuk berkeliling ke tiga daerah yang menjadi tempat perkembangan gerakan Negara Islam Indonesia (NII). Taufiq mengatakan akan berkunjung ke Banten, Gresik, dan Tasikmalaya bersama Sujono Kartosuwiryo. 

"Mulai minggu depan, kita juga ajak anak Pak Kartosuwiryo keliling, tekankan bahwa enggak boleh lagi begitu. Kartosuwiryo, kan, sahabat Bung Karno, serumah. Jadi, kita tekankan tak boleh lagi ada perjuangan bersenjata. Kita ajak Pak Sujono ke Banten, Garut, dan Tasikmalaya," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/5/2011). 

Taufiq akan mengunjungi Banten untuk pertama kalinya pada 9 Mei mendatang. Langkah merangkul anak-anak Kartosuwiryo dinilainya tepat karena mereka mengikuti training of trainer (TOT) dan sosialisasi empat pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Kita akan mengunjungi pengikut-pengikut NII, bilang supaya jangan begitu lagi," ucapnya. 

Namun, Taufiq belum berencana mengunjungi pondok pesantren yang disebut pusat perkembangan gerakan NII, yaitu Al Zaytun, di Indramayu, Jawa Barat.


Editor : Heru Margianto