Senin, 28 Juli 2014

News / Article

Indonesia Satellite

10 Startup Lokal Berebut Tiket ke Echelon 2011

Jumat, 29 April 2011 | 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertemu dengan investor merupakan salah satu kesempatan yang dinanti-nantikan para pengusaha baru alias startup. Pertemuan yang langka menjadi kesempatan bagi mereka untuk unjuk ide untuk mendapat masukan, syukur-syukur investor tertarik menyuntikkan dananya.

Maka, event Echelon 2011 Indonesia Satellite, Jumat (29/4/2011), di fCone, FX Plaza, Jakarta, dari pukul 13.00-18.30, menjadi momentum yang ditunggu-tunggu. Sebanyak 10 startup lokal dari Indonesia yang terpilih berkesempatan mempresentasikan ide bisnisnya di depan panel juri dan investor atau sering disebut proses pitching dan disaksikan sekitar 300 undangan.

Mereka akan memperebutkan tempat melawan 30 startup lainnya yang melakukan pitching pada acara serupa di Singapura, Malaysia, dan Hong Kong. Jika startup Indonesia berhasil melalui penjurian ini, mereka akan menjadi bagian dari 10 perusahaan/startup yang terpilih untuk presentasi pada Echelon 2011 yang akan diadakan di Singapura pada tanggal 16-17 Juni 2011.

Pemenang di Echelon 2011 Singapura akan mendapatkan software, hardware, dan mentoring dari Microsoft, Nokia dan Yahoo! SouthEast Asia. Mereka juga akan mendapatkan hadiah dari Plug and Play Tech Centre, AppSumo, dan 37 Signals. Untuk pitch yang paling populer di Echelon 2011 Indonesia Satellite juga berkesempatan mendapatkan People's Choice Award pada Echelon 2011 Indonesia Satellite berupa 6 bulan lisensi Microsoft Azure gratis dan juga mentoring bisnis dan teknikal dari Microsoft.

Echelon 2011 Indonesia Satellite gratis dan dibuka untuk umum. Acara ini diselenggarakan e27 Singapura menggandeng komunitas startup Indonesia, #StartupLokal.

10 finalis dipilih dari lebih dari 90 perusahaan startup oleh Willson Cuaca, seorang partner pada perusahaan Venture Capital East Ventures, yang sudah banyak berinvestasi ke startup di Indonesia. Sejumlah juri yang akan memberikan penilaian yakni:

 

  • Aulia Masna, jurnalis teknologi dan komentator di DailySocial.net dan the Jakarta Globe,
  • Shinta Dhanuwardoyo – Nusantara Ventures, mantan CEO Plasa.com
  • Andi S. Boediman – Partner , Ideosource, mantan CIO Plasa.com
  • Satya Witoelar – Co-Founder, Yahoo! Koprol.
  • Aulia Halimatussadiah – CTO NulisBuku.com, inisiator #StartupLokal
  • Martin Hartono – Direktur GDP Ventures, mantan Manager teknologi bisnis di Djarum.
  • Aaron Tan – Investment Associate dari Singtel Innov8, Venture Capital yang memiliki lebih dari 160 juta dollar dan berinvestasi pada perusahaan teknologi secara global.
  • Colin Charles – Malaysian Technologist, hacker dan investor. Direktur Open Ocean Investments.

Editor : Tri Wahono