Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Syiah Sampang Dijaga Aparat

Kompas.com - 14/04/2011, 08:52 WIB

SAMPANG, KOMPAS.com - Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur, sebagai basis kegiatan jemaah Syiah dijaga oleh aparat keamanan. Penjagaan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya aksi dari sekelompok masyarakat, yang menolak  paham yang dibawa oleh Tajul Muluk.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sedikitnya ada tiga anggota dari Koramil Omben, yang setiap hari melakukan pemantauan lokasi. Ketiganya menyisir perkampungan yang berada di tengah persawahan. "Kami intens melakukan pemantauan setiap waktu. Sebab jika terjadi sesuatu, kami yang akan ditanya lebih dulu oleh pimpinan," terang Suryadi, salah anggota Koramil Omben, yang sekaligus Babinsa Desa Karang Gayam.

Tidak hanya dari aparat TNI, dari pihak kepolisian juga turut serta dalam pemantauan kampung Syiah tersebut. Menurut Suryadi, pihaknya berjaga secara bergantian dengan anggota kepolisian dari Polres Sampang.

Sementara itu Kapolsek Omben AKP Aris Dwiyanto saat dihubungi melalui ponselnya, Kamis (14/04/2011) mengatakan, tanggungjawab keamanan tidak hanya dari unsur kepolisian. Tetapi semua unsur dilibatkan. "Semua anggota Muspida juga turut serta dalam pengamanan, sesuai dengan tugas dan wewenangnya masing-masing," kata Aris Dwiyanto.

Sebelumnya, tanggal 4 April lalu, sekitar 3 ribu massa ditengarai berniat menyerang kampung Syiah di Dusun Nangkernang yang dijadikan tempat kegiatan Ikatan Jemaah Ahlil Bait (IJABI) Sampang. Massa tersebut berasal dari enam desa, masing-masing Desa Sokobanah, Desa Ketapang, Desa Karang Penang, Desa Karang Gayam, Desa Blu'uran dan Desa Tlambah. Penyerangan urung terjadi, karena aparat kepolisian telah mengamankan terlebih dahulu ketua IJABI, Tajul Muluk, ke Mapolres Sampang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com