Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Firenze, Kota Tercantik di Italia...

Kompas.com - 27/03/2011, 19:51 WIB

KOMPAS.com - Maqnifique..! Beautiful..! Indah...! Ibu kota bagi pecinta karya seni! Salah satu kota tercantik di dunia! Ucapan itu terlontar dari beberapa teman saya yang pernah mengunjungi Firenze dalam bahasa Italia dan Florence dalam bahasa Perancis.

Liburan ke Firenze, ibu kota Toscana yang kabarnya merupakan kota bersejarah dengan maha karya arsitektur bangunan, lukisan, pahatan dan keindahan alam yang disajikan kota di Italia ini, boleh dibilang terbersit secara dadakan di kepala saya dan suami, akibat batalnya perjalanan kami ke Spanyol karena suatu alasan.

Liburan ke Italia dengan keluarga, melihat bangunan bersejarah, apakah merupakan ide baik untuk anak-anak kami? Mengunjungi museum, menyelusuri jalanan berbatu dan menyibak lukisan-lukisan karya pelukis terkemuka, sempat membuat kami ragu untuk bisa dinikmati bersama anak-anak, apalagi si kecil baru akan berusia tiga tahun.

Eh oui! très bonne idée!! begitu orang Perancis menyebutnya. Yang berarti, ide baik. Mengapa?  karena kecantikan bangunan dan monumen bersejarah begitu indah hingga anak-anakpun terbuka matanya dan turut menikmatinya. Warna-warni kota yang begitu semarak, jembatan batu, sungai besar Arno yang melintasi kota, menara tinggi menjulang yang dinaiki oleh kami sebanyak 500 tangga, merupakan pengalaman mengasikan bagi mereka.

Kesimpulannya, keraguan kami langsung sirna! Bazile yang baru akan berusia tiga tahun saja, selama liburan kami tak berhenti menunjukkan sesuatu. Entah itu bangunan yang dianggapnya aneh, besar bagaikan rumah raksasa (menurutnya) hingga dekorasi dari suatu bangunan yang penuh dengan lukisan, pahatan, mozaik hingga emas membuat mulutnya tak berhenti mengoceh.

Memang keuntungan dari berlibur di Firenze ini adalah, dalam kota dipenuhi oleh tempat-tempat bersejarah. Di setiap sudut kota, rasanya pemandangan cantik akan selalu memikat mata. Dan yang terpenting, kita bagaikan dikelilingi oleh sejarah... kemanapun kaki melangkah, akan berhadapan dengan karya seni. Berwisata di Firenze berarti berputar dalam kota itu sendiri tanpa harus meninggalkannya.

Namun jangan salah perkiraan, tidak berarti peninggalan sejarah terdapat di dalam kota maka cukup satu hari saja untuk menyibaknya. Dibutuhkan hingga tiga dan empat malam paling tidak untuk dapat menguak setengah dari isi kota. Itupun tak cukup sebenarnya namun paling tidak beberapa tempat penting bisa terkunjungi.

Memang  di Firenze ini, terlalu banyak bangunan bersejarah yang patut dikunjungi. Dan yang jadi masalah, untuk mengunjungi suatu tempat paling tidak harus memakan waktu dari satu hingga tiga jam. Itupun kalau sedang beruntung dalam arti, antrian turis untuk masuk dalam suatu tempat masih dalam kadar wajar. Firenze kota yang padat turis!

Kami berlibur ke sana, sengaja memilih di bulan Maret, berharap wisatawan yang datang belum terlalu ramai dibandingkan liburan di musim semi apalagi panas. Wahhh, salah perkiraan, karena ternyata di musim dingin yang membeku pun antrean turis dimana-mana. Sepanjang jalan kota, boleh dibilang bahasa yang terdengar dari segala penjuru dunia. Apalagi kebanyakan turis yang datang berupa rombongan, ya sudahlah....kota Firenze mungkin tepatnya bagaikan Disneyland orang dewasa...

Tips kunjungan ke Firenze

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com