Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Tsunami Sampai ke Amerika

Kompas.com - 18/03/2011, 15:28 WIB

LOUISIANA, KOMPAS.com - Imbas gempa bumi dan badai tsunami ternyata  sampai ke Louisiana, Amerika Serikat. General Motors Company (GM) harus menghentikan produksi Chverolet Colorado dan pikap GMC Canyon di fasilitas Shreveport Assembly (Louisiana) yang mempekerjakan 923 karyawan karena tak memperoleh pasokan komponen dari Jepang.

GM melalui situs resminya, seperti dilansir bloomberg, hari ini (18/3) mengatakan, kecuali Shreveport, semua fasilitas beroperasi dengan normal. "GM masih punya banyak unit untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan produksi di Shreveport akan kembali normal, secepatnya."

Tracy Handler, analis produksi dari lembaga penelitian IHS Automotive mengatakan, penghentian aktivitas pabrik lebih cepat dari yang diprediksi. Pasalnya, produsen lain Chrysler Group LCC mengaku baru terkena imbas penghentian pasokan dari Jepang paling cepat empat atau enam pekan kemudian.

"Kami tak sangka secepat ini pengaruh bencana alam di Jepang ke Amerika Utara. Mungkin GM mengalihkan pasokan komponen yang ada di Shreveport ke fasilitas lain untuk produksi model-model yang lebih baik penjualannya," jelas Handler.

Kim Carpenter, juru bicara GM enggan menjelaskan komponen apa saja yang mengalami kurang pasokan dari Jepang. Ia cuma menekankan, pabrikan bakal mengutamakan kegiatan operasional di titik-titik kunci di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com