Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Akan Bertemu dengan Pengusaha Jepang

Kompas.com - 15/03/2011, 12:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertemu sejumlah pengusaha Jepang, siang ini di kantor Kepresidenan. Rencananya pertemuan bakal digelar pukul 13.00 WIB. Rombongan akan didampingi oleh Ginanjar Kartasasmita.

Seperti diketahui, ada kekhawatiran jika bencana tsunami yang melanda Jepang berimbas pada ekonomi Indonesia. Pasalnya tidak sedikit proyek pembangunan Indonesia berasal dari investasi sejumlah perusahaan Jepang.

Meski demikian, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan yakin investasi Jepang tidak akan terpengaruh oleh gempa dan tsunami yang menghantam negeri tersebut. Gita pun menunjukkan salah satu perusahaan raksasa Jepang, Mistubishi yang tetap berkeinginan berinvestasi di Indonesia.

Mistubishi Corporation berencana menanamkan investasi mencapai 18 miliar dollar AS sampai 20 miliar dollar AS dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun melalui empat proyek. Pertama, Mitsubishi akan menggenjot investasi di LNG Donggi-Senoro. Kedua, rencana mereka untuk berco-investasi dengan Eramed di Wedabe, Halmahera dalam pembangunan smelter pembangkit listrik.

Ketiga, proyek Metropolitan Priority Area. Proyek pembangunan koridor ekonomi ini sudah dikembangkan dalam master plan untuk 2010 sampai 2025. Keempat, Mistubishi berencana meningkatkan investasi di sektor otomotif. Mereka berencana meningkatkan penjualan mobil dalam 4 sampai 5 tahun ke depan. (Yudho Winarto/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com