Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTN Meledak, Nasib 85 WNI Tak Diketahui

Kompas.com - 12/03/2011, 23:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 85 warga negara Indonesia berada di Fukushima, Jepang, sedangkan 11.000 penduduknya dievakuasi ke zona aman oleh Pemerintah Jepang.

Kedutaan Besar RI di Tokyo, Sabtu (12/3/2011), mengabarkan, setelah ledakan di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima No 1 pukul 15.30 waktu setempat, radius aman di kawasan itu ditingkatkan dari 3 km ke 10 km pada Sabtu petang. Namun, belum diketahui nasib 85 WNI di wilayah itu.

Pada pukul 19.00 waktu setempat, radius aman ditingkatkan menjadi 20 km. Siaran nasional stasiun televisi Nippon Housou Kyoukai (NHK) yang dikutip kantor berita AFP pada Sabtu melaporkan, sekurangnya tiga warga di Jepang terkena radiasi setelah terjadi ledakan yang mengenai instalasi nuklir tua Fukushima No 1.

Tiga orang yang terpilih secara acak untuk diperiksa dari sekitar 90 pasien rawat inap dipindahkan dari rumah sakit di kota Futaba-machi, kata NHK.

Para pasien tersebut menunggu regu penyelamat di lapangan sekolah, menghabiskan waktu lama di luar dan kemudian dipindahkan dengan helikopter pada saat terjadi ledakan yang mengenai instalasi nuklir.

Ledakan itu menimbulkan kepulan asap menyembur dari PLTN tersebut pada Sabtu, yang menyebabkan ketakutan akan kemungkinan kehancuran sehari setelah gempa besar yang mengenai sistem pendingin instalasi itu.

Pemerintah menyatakan situasi darurat atom dan mengatakan bahwa puluhan ribu warga yang tinggal dalam radius 20 kilometer PLTN itu harus segera meninggalkan kawasan tersebut. Operator dari PLTN tersebut mengatakan, kontainer yang mengurung reaktor tidak rusak meski ada ledakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com