Sebut PKI, Ruhut Sitompul Digugat - Kompas.com

Sebut PKI, Ruhut Sitompul Digugat

Kompas.com - 11/01/2011, 15:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Partai Demokrat Ruhut Poltak Sitompul, yang juga anggota Komisi III DPR RI, Selasa (11/1/2011) digugat secara perdata oleh Tim Advokasi Gugat Ruhut atau Tegur atas pernyataannya bahwa pihak yang menolak usulan pemberian gelar pahlawan kepada almarhum Soeharto adalah anak Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Yang tak setuju Soeharto jadi pahlawan cuma anak PKI," ujar Ruhut pada 25 Oktober silam, sesuai dilansir www.inilah.com. Perbuatan Ruhut dinilai memenuhi unsur-unsur penghinaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata juncto Pasal 1372.

Gugatan didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. "Pernyataan tergugat (Ruhut) suatu upaya melestarikan stigmatisasi negatif tentang PKI, dimana hingga saat ini kata PKI cenderung pembunuhan karakter dan sekaligus meruncingkan kembali luka-luka lama yang terjadi pada tahun 1965," kata Muhammad Chozin Amirullah, aktivis HMI yang juga salah satu penggugat.

Chozin bercerita, dirinya pernah mensomasi Ruhut atas pernyataannya tersebut. Namun, Chozin mengaku sempat ditelepon Ruhut. Pada komunikasi telepon per 29 Oktober 2010, Chozin disebut pemimpin "kambing" oleh Ruhut.

Atas perbuatan itu, Ruhut dituntut membayar kerugian material sebesar Rp 131.300, dan kerugian imaterial sebesar Rp 62.811.889.999. Politisi tersebut juga dituntut menyampaikan permintaan maaf secara terbuka di dua media massa nasional dengan ukuran setengah halaman.

Hingga saat ini, Ruhut belum bisa dimintai komentarnya. Kompas.com beberapa kali mencoba menghubungi ponselnya, namun terhubung ke kotak suara elektronik.

EditorR Adhi KSP

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM