Jumat, 19 September 2014

News / Nasional

Evaluasi Kabinet

UKP4: Tak Capai 100 Persen, Rapor Merah

Selasa, 4 Januari 2011 | 21:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menyatakan, capaian program kerja menteri dan lembaga selama setahun harus terwujud 100 persen. Apabila tidak tercapai 100 persen, maka rapor kinerja menteri dan lembaga atas rencana aksi yang ditetapkannya sendiri tidak tercapai atau akan menjadi merah. Namun, apakah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menggunakan rapor merah kementerian dan lembaga atas hasil penilaian UKP4 atau tidak untuk penilaian kinerja kabinet, tergantung pada Presiden Yudhoyono sendiri.

Hal itu ditegaskan oleh Kuntoro saat ditanya pers sebelum maupun setelah rapat terbatas bidang politik, hukum dan keamanan di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Selasa (4/1/2011). "Laporan UKP itu tidak ada hubungannya dengan reshuffle kabinet, akan tetapi berhubungan dengan kinerja kementerian dan kembaga atas rencana-rencana aksi yang dulu ditetapkannya sendiri," tandas Kuntoro.

Menurut Kuntoro, jumlah rencana aksi yang ditetapkan 47 kementerian dan lembaga sebanyak 369 recana aksi yang harus diselesaikan. "Nah, rencana aksi itulah yang satu per satu diikuti oleh UKP4 selama setahun ini. UKP4 kemudian mengukuti sasaran aksi kementerian dan lembaga. Apakah sasarannya itu tercapai atau tidak?" tambahnya.

Kuntoro menambahkan, "Harusnya, sampai akhir tahun ini, capaiannya kinerjanya 100 persen. Kalau salah satu rencana aksi di kementerian dan lembaga tidak tercapai, ya merah."

Namun, lanjut Kuntoro, UKP4 tidak memberikan rekomendasi apapun kepada Presiden terkait hasil evaluasi yang dilakukannya itu. "Kita tidak memberikan konsekuensi apapun. Itu urusan Presiden yang menentukan. Saya juga tidak tahu apakah itu jadi benchmark atau tidak. Itu, benar-benar hak Presiden untuk menggunakan laporan UKP4 atau tidak menggunakannya," paparnya lagi.

Lebih jauh, Kuntoro, menegaskan, malam ini pukul 24.00 Wib, merupakan deadline atau batas waktu penyerahan laporan evaluasi program kerja para menteri ke UKP4. "Ya hari ini ditunggu, akan tetapi deadline-nya malam ini pukul 24.00 WIB," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Kuntoro mengakui laporan evaluasi kinerja setahun para menteri akan diserahkan kepada Presiden Yudhoyono pada awal Januari 2011 atau 4 Januari mendatang.

Pernyataan Kuntoro tentang evaluasi program kerja akhir tahun para menteri mengundang pertanyaan kemungkinan adanya reshuffle kabinet di awal tahun ini meskipun Kuntoro mengaku tidak tahu menahu soal reshuffle kabinet itu.

Saat ditanya apakah artinya, jika Selasa malam ini laporan kinerjanya sudah diterima UKP4, besok Rabu laporannya diserahkan kepada Presiden Yudhoyono, Kuntoro menjawab, "Ya, tidak. Kita butuh waktu dua atau tiga hari lagi untuk menganalisisnya kembali sebelum disampaikan kepada Presiden."


Editor : Erlangga Djumena