Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36 Calon TKI Ilegal Diamankan

Kompas.com - 23/11/2010, 13:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebanyak 36 orang calon tenaga kerja Indonesia (TKI)yang diketahui akan bekerja di suatu tempat di luar negeri, Senin (22/11/2010) kemarin, diamankan oleh petugas Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara. Mereka diamankan dari lokasi penampungan di Jalan Enggano, Tanjung Priok.

"Kami mengamankan 36 (calon) TKI (yangd diduga) ilegal, yang ditemukan di Jalan Enggano Tanjung Priok," kata Kepala Polrestro Jakarta Utara Komisaris Besar Andap Budi Revianto di Polda Metro Jaya, Selasa.

Andap mengatakan, rencananya TKI itu akan menyeberang ke Bangka Belitung, namun belum diketahui akan bekerja di negara mana. Ke-36 TKI ini juga tidak mengantongi surat keterangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat, juga surat pengantar dari keluarga.

Polisi juga mencurigai dua orang pengumpul TKI itu, yakni Ar dan Da. Keduanya akan mengirimkan para tenaga kerja itu ke negara tetangga melalui jalur laut.

Andap mengatakan, puluhan TKI itu mayoritas berasal dari Brebes, Jawa Tengah dan Lampung. "Kami tidak akan memproses hukum terhadap 36 TKI ilegal karena hanya melakukan pelanggaran administrasi sesuai Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Pekerja Rumah Tangga," jelas Andap.

Polrestro Jakarta Utara akan menyerahkan para TKI itu kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk proses selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com