Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantah, Ponimin Gantikan Mbah Maridjan

Kompas.com - 29/10/2010, 19:37 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Permaisuri Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, membantah maksud kedatangannya kemarin ke tempat Ponimin dirawat untuk menunjuknya menggantikan posisi Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi.

"Kedatangan saya ke sana untuk menengok keadaan dia yang selamat dari terjangan awan panas. Dia cerita segala macam bagaimana bisa selamat. Saya tidak menunjuk dia sebagai pengganti Mbah Maridjan," ujarnya, di sela-sela kunjungannya ke posko pengungsian bersama Sultan HB X di Balai Desa Umbulharjo, Jumat (29/10/2010) sore.

Jadi, lanjut GKR Hemas, pemberitaan bahwa dirinya menunjuk Ponimin sebagai pengganti Mbah Maridjan itu salah.

"Saya hanya bilang ke dia, tolong titip Gunung Merapi. Kedatangan saya bukan menunjuk dia untuk menggantikan Mbah Maridjan karena itu hak prerogatif Sultan," terangnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menjelaskan bahwa tugas Mbah Maridjan bukan orang yang tahu Gunung Merapi meletus, melainkan abdi dalem yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tradisi ritual yang diadakan di sana setiap tahunnya.

"Kalau alam, tidak ada yang bisa mendeteksi. Warga diharapkan percaya dengan bupati, camat, atau lurah. Ucapannya harus diindahkan apabila mereka menyampaikan kondisi Gunung Merapi yang informasinya diperoleh dari badan bersangkutan," tegasnya. (Tribunnews/Williem Jonata)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com