Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Nantikan Kunjungan Saya

Kompas.com - 06/10/2010, 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tertunda dua kali, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama rupanya tetap memendam keinginan untuk berkunjung ke Indonesia, di mana dia dahulu pernah tinggal dan bersekolah. Hal itu terungkap dalam percakapan Obama dengan duta besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal, Selasa (5/10/2010).

Dalam surat elektronik pada Kompas.com, Dino menceritakan bahwa ia bertemu Barack Obama dan Michelle Obama dalam sebuah resepsi di Gedung Putih, Selasa sore atau Rabu pagi waktu Indonesia. Pada kesempatan itu Dino menyapa," Apa kabar Pak?"

Lalu ia menyampaikan bahwa Obama dan Michelle akan disambut hangat dalam kunjungan ke Indonesia tahun ini. Tak lupa Dino menyampaikan salam dari Presiden SBY.

Obama menjawab, "Terimakasih. Looks forward to my visit to Indonesia."

Sebelumnya Obama diharapkan mampir ke Indonesia pada November 2009 - bersamaan dengan Konferensi APEC di Singapura. Namun kunjungan itu ditunda hingga awal 2010 dengan alasan Presiden AS itu ingin menunggu liburan sekolah kedua putrinya.

Lalu Presiden Obama juga menunda kunjungan ke Indonesia yang dijadwalkan 22 hingga 24 Maret 2010 karena ia sedang fokus memperjuangkan Undang-undang Jaminan Kesehatan dengan Kongres AS. Saat itu disebut Obama menunda kunjungan hingga Juni 2010.

Namun pada bulan Juni, Gedung Putih belum mengeluarkan jadwal kunjungan. Selain itu perhatian Obama tersita untuk menyelesaikan krisis bocornya sumur minyak milik British Petroleum (BP) di Teluk Meksiko.

Kabar terakhir, Obama diperkirakan ke Indonesia pada November 2010, bulan di mana dihelat pertemuan para pemimpin negara-negara kerja sama Asia Pasifik (APEC) di Singapura. Obama mungkin akan mampir ke Indonesia.

Anak Menteng

Sejak berumur 6 tahun, dari tahun 1967 hingga 1971, Obama dan keluarganya sempat berdomisili di Jakarta, tepatnya di Jalan Taman Amir Hamzah 22 (Pav).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com