Kamis, 23 Oktober 2014

News / Nasional

Calon Kapolri

Ito Sumardi Kapolri Baru?

Senin, 4 Oktober 2010 | 00:39 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Ito Sumardi disebut-sebut sebagai calon Kapolri yang dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri. Nama Ito menyeruak di antara dua nama yang selama ini disebut-sebut, yaitu Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Imam Sudjarwo dan Inspektur Pengawasan Umum Mabes Polri Komjen Nanan Soekarna.

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam akun Twitter-nya, Minggu (3/10/2010), menyebutkan, "Nama-nama calon Kapolri yang beredar tidak 'diasuransikan'. Yang akan jadi adalah 'yang tidak banyak' diperbincangkan. Yang penting adalah yang terbaik!"

Senada dengan Anas, Wakil Ketua DPR Pramono Anung juga menulis di akun Twitter-nya, "Dari siang banyak ditanya tentang calon Kapolri yang akan diserahkan. Kalau benar nama tersebut, bisa mengejutkan publik."

Pramono memberi petunjuk, calon Kapolri tersebut dua kali menjadi Kapolda di Sumatera dan sebelumnya pernah menjadi Kapolwiltabes Surabaya.

Menilik para pejabat polri yang kini berbintang tiga, hanya Ito Sumardi yang sesuai dengan petunjuk Pramono. Ito pernah menjabat Kapolwiltabes Surabaya tahun 2001 hingga 2003. Ia juga dua kali bertugas sebagai Kapolda di Sumatera, yakni Kapolda Sumatera Selatan (2006-2008) dan Kapolda Riau (2005-2006).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga Minggu sore belum menyampaikan nama calon Kapolri kepada DPR. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, ketika dihubungi di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa Kepala Negara saat ini masih dalam proses untuk mengajukan nama calon Kapolri pengganti Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri.

Betulkah Ito Sumardi adalah nama yang akan mengejutkan publik sesuai "kicauan" Pramono di Twitter? Kita tunggu saja dalam waktu dekat ini.


Editor : Heru Margianto