Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bahas Solusi Permanen Ahmadiyah

Kompas.com - 02/10/2010, 18:43 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan segera membahas solusi permanen atas masalah Ahmadiyah. Pemerintah juga memastikan akan mengusut tuntas kasus kekerasaan di permukiman Ahamdiyah di Kampung Cisalada, Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Sudah empat orang diperiksa polisi terkait peristiwa kekerasan tersebut.

Demikian antara lain dinyatakan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Menteri Agama Suryadharma Ali di Pendapa Bupati di Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (2/10/2010) sore. Suryadarma Ali baru saja memimpin rapat koordinasi penangan kerusuhan di permukiman Ahmadiyah di Kampung Cisalada tersebut.

Hadir dalam rapat itu antara lain Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan, Bupati Bogor Rachmat Yasin, Kepala Polda Jabar Irjen Sutarman, Kepala Polres AKBP Tomex Korniawan, Danrem 061/Suryakancana Kolonel Doni Monardo, Dandim 0621 Letkol Suswatyo, Dirjen Bimas Islam Nazarudin, dan Dirjen Kesbangpol Kemdagri.

"Hari Senin besok akan ada rapat lanjutan untuk membahas permasalahan Ahmadiyah ini secara komprehensif," kata Mendagri.

Dia juga mengungkapkan bahwa draf Rancangan Undang-Undang Kerukunan Beragama sudah ada dan akan dibahas untuk dijadikan Undang-undang. UU kerukunan beragama bermasyarakat itu diperlukan, untuk mengganti SKB Kerukunan Beragama, sehingga masalah pengaturan beragama ini lebih mempunyai kepastian dan kekuatan hukum.

Sedangkan Suryadarma Ali mengatakan, pembubaran Ahmadiyah adalah salah satu bahasan dalam rapat kordinasi mereka Sabtu ini dan selanjutnya. "Untuk masalah itu (pembubaran Ahmadiyah) tidak bisa disampaikan saat ini karena harus dibahas lebih mendalam dengan pihak-pihak terkait," katanya.

Saat ini fokusnya pada penanganan korban kekerasan di Cisalada dengan memberi pelayanan kesehatan sebaik-baiknya.

"Untuk memberi pelayanan kesehatan jika diperlukan korban yang dirawat di RS PMI Bogor dipindahkan perawatannya ke rumah sakit di Jakarta," katanya.

Pada peristiwa kekerasan itu Randy menjadi korban penusukan dan dirawat di RS PMI Bogor.

Gamawan Fauzi dan Suryadharma Ali juga memastikan bahwa Polres Bogor akan mengusut tuntas perkara kekerasan tersebut. "Sudah empat orang yang diamankan Polres terkait penusukan, pemukulan, dan kekrasan itu," kata Gamawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com