Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemkeu Belum Tentu Setujui Gedung DPR

Kompas.com - 02/09/2010, 07:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ribut-ribut masalah pembangunan gedung baru DPR terus bergulir. Namun sebenarnya, Kementerian Keuangan belum memberikan lampu hijau terhadap rencana Dewan Perwakilan Rakyat untuk pembangunan gedung baru DPR ini.

Anny Ratnawati, Wakil Menteri Keuangan, mengatakan, instansinya saat ini masih menunggu hasil evaluasi terhadap rencana pembangunan gedung baru DPR. “Kementerian Keuangan masih menunggu koordinasi dari Kementerian PU mengenai standar bangunan dan standar keamanan gedung,” ucap Anny ketika ditemui di Gedung DPR, Rabu (1/9/2010).

Anggaran untuk pembangunan gedung baru DPR sebenarnya sudah ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2010. Tetapi, anggaran itu baru direalisasikan jika evaluasi dari Kementerian Pekerjaan Umum telah selesai dan sudah dilaporkan kepada Kementerian Keuangan. “Kalau standar gedung, Kementerian Keuangan tidak ada kewenangan untuk itu, jadi kami masih menunggu," katanya.

Anggaran yang telah disediakan dalam APBNP 2010 untuk pembangunan gedung bisa saja tidak direalisasikan. Hal itu terjadi jika tidak memenuhi standar pembangunan proyek yang telah disepakati.

Anggaran pembangunan gedung baru DPR merupakan proyek multiyear dengan rencana penyaluran selama tiga tahun. “Usulan awal 22 lantai kemudian berkembang menjadi 33 lantai, itu akan dievaluasi juga,” lanjutnya.

Sementara itu ditemui di tempat yang sama, Menteri Keuangan Agus Martowardojo hanya mengaku belum mengetahui anggaran pembangunan tersebut. “Kalau saya belum tahu, tanya ke Wakil Menteri Keuangan saja,” kata Agus singkat. (Martina Prianti/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com