Selasa, 29 Juli 2014

News / Nasional

Hilal Terlihat, Besok 1 Ramadhan 1431 H

Selasa, 10 Agustus 2010 | 19:32 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Hilal atau bulan baru yang menandai dimulainya bulan Ramadhan tampak di beberapa titik di Indonesia.

Menurut Ketua Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Rohadi Abdul Fatah, dalam Sidang Isbath di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (10/8/2010), hilal terlihat di Pantai Probolinggo, Bukit Condrodipo Gresik, Cilincing Jakarta, dan Bengkulu. "Di Clincing, terlihat oleh Haji Muhammad, guru agama, Ahmad Zaim, guru agama, yang telah disumpah keabsahan rukyatnya oleh hakim Pengadilan Jakarta Utara," katanya.

Terlihatnya hilal di beberapa titik tersebut menandakan bahwa 1 Ramadhan 1431 Hijriah jatuh pada Rabu (11/8/2010) besok. Meskipun menurut laporan beberapa saksi di empat daerah telah tampak, menurut peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaludin, secara astronomi, penampakan hilal tersebut belum dapat dibenarkan.

"Kalau ada hilal hari ini hanya dipandang secara syar'i (berdasarkan keyakinan) sah, tapi secara astronomis ini sulit diterima," katanya dalam Sidang Isbath.

Oleh karena masih adanya perbedaan mengenai tampak atau tidaknya hilal tersebut, Thomas menyarankan kepada Kementerian Agama agar membuat kriteria yang didasarkan pemahaman astronomi yang dapat menjadi pedoman penentuan 1 Ramadhan berikutnya.


Editor : Erlangga Djumena