Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Dur the Movie Dirilis Desember 2010

Kompas.com - 04/08/2010, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Buat Anda yang mengagumi sosok tokoh pluralisme KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, yang juga Presiden ke-IV Indonesia, sebentar lagi Anda dapat menyaksikan film Gus Dur the Movie karya sutradara dan penulis naskah, Damien Dematra.

Damien yang juga menyutradarai film Obama Anak Menteng mengatakan, film tersebut segera dirilis pada Desember 2010.

Rencana pembuatan film ini juga telah mendapat restu dari istri almarhum Gus Dur, Ibu Shinta Nuriyah Wahid.

Menurut Damien, film Gus Dur the Movie sedianya akan dirilis bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-70 pada tanggal 4 Agustus 2010. Namun, karena Damien ingin lebih melibatkan Ibu Shinta dalam proses pembuatannya, maka film itu ditunda hingga Desember.

"Ibu Shinta baru saja menyelesaikan masa idah beberapa bulan lalu," kata Damien di acara Mengenang 70 Tahun Gus Dur bertajuk "Merawat Pluralisme", Rabu (4/8/2010) di Gedung PGI, Jakarta.

Skenario film kini tengah dirampungkan setelah berkonsultasi dengan keluarga Gus Dur.

Damien mengatakan, skenario dasar film Gus Dur the Movie sebenarnya sudah diterbitkan melalui novel berjudul Sejuta Hati untuk Gus Dur yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, tepat enam hari setelah Gus Dur berpulang.

Damien juga mengatakan, awalnya sempat diwacanakan pembuatan film semi-dokumenter tentang Gus Dur guna memeringati HUT ke-70 mantan Ketua Umum PBNU tersebut. "Tapi akhirnya, baik Ibu Shinta maupun saya, sepakat untuk memfokuskan pada pembuatan film Gus Dur the Movie guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal," katanya. (HIN)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com