Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eka Tjipta Foundation Raih Muri

Kompas.com - 30/07/2010, 14:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Eka Tjipta Foundation (ETF) meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) untuk kategori Pemberi Beasiswa S-1 terbanyak kepada 2.018 mahasiswa berprestasi di 30 universitas mitra untuk tahun 2007/2008 dan tahun 2008/2009.

Pemberian penghargaan dilakukan langsung oleh pendiri Muri, Jaya Suprana, kepada Ketua Umum ETF G Sulistiyanto, serta disaksikan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal, di Jakarta, Jumat (30/7/2010).

Sulistiyanto menuturkan, penghargaan ini diraih berkat dukungan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

"Penghargaan ini akan menjadikan ETF lebih berkomitmen untuk berperan aktif mewujudkan Indonesia sejahtera melalui pembangunan sumber daya manusia dan pelestarian lingkungan hidup," ujar Sulistiyanto.

Sementara Direktur Muri Jaya Suprana menyatakan, ETF merupakan salah satu yayasan yang tulus dan konsisten dalam pemberian beasiswa. "Semoga langkah ETF juga diikuti oleh yayasan-yayasan lainnya," kata Jaya.

Beasiswa ETF diberikan melalui Program Tjipta Sarjana Bangun Desa (TSBD), yaitu program yang dirancang untuk membantu mahasiswa berprestasi yang diutamakan berasal dari sekitar wilayah unit-unit usaha perusahaan tersebut.

Setelah lulus, para penerima beasiswa tersebut diwajibkan kembali ke daerah masing-masing untuk membangun daerah tersebut. Selain TSBD, program beasiswa terbaru Sinar Mas adalah Tjipta Pemuda Bangun Bangsa (TPBB).

Program ini khusus diberikan bagi mereka yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Pemegang prestasi nasional akan dibiayai untuk berkuliah di 10 perguruan tinggi ternama Indonesia serta 15 perguruan tinggi terbaik dunia.

Tahun ini, dua orang peraih beasiswa TSBD adalah Guinandra Luthfan Jatikusumo dan Ratnaganadi Paramita. Andra akan mengambil jurusan System Engineering di University of Australian National University.

Sementara itu, Ratna akan mengambil jurusan Neuroscience di University San Diego California, Amerika Serikat. Mereka berdua akan mendapat beasiswa penuh selama masa studi termasuk biaya hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com