Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penduduk Eropa Tembus 500 Juta

Kompas.com - 27/07/2010, 21:37 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com — Penduduk Eropa telah melewati angka setengah miliar secara resmi tahun ini, dengan kira-kira 1,4 juta lagi tinggal di 27 negara di Uni Eropa.

"Penduduk EU sampai 1 Januari 2010 mencapai 501,1 juta. Satu tahun sebelumnya 499,7 juta, dengan 900.000 imigran masuk blok itu dan penambahan alamiah 500.000," papar badan Eurostat.

Lebih dari lima juta anak lahir pada 2009 di seluruh EU, dengan angka kelahiran tertinggi tercatat di Irlandia, Inggris, dan Perancis, dan terendah di Jerman dan Austria.

Eurostat mengatakan, dalam istilah relatif, negara-negara dengan jaringan pemasukan terbesar adalah Luksemburg, Swedia, Slovenia, Italia, dan Belgia. Adapun Irlandia dan Lithuania adalah negara-negara dengan kehilangan terbanyak melalui emigrasi.

Sementara itu, jumlah penduduk China akan mendekati 1,4 miliar pada 2015. Hal tersebut menurut laporan-laporan media di negara itu bulan ini.

Adapun India, yang terakhir mencatat pada 2001 sedikit di atas satu miliar, sekarang ini sedang berjuang untuk merampungkan sensus barunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com