Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah Tipping Fee Bantar Gebang 566,5 Juta

Kompas.com - 01/07/2010, 19:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, M Natsir mengatakan, biaya pengelolaan sampah (tipping fee) kepada pengelola Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi sebesar Rp 566,5 juta per harinya.

Natsir didampingi Direktur Utama PT Navigat Organic Energy Indonesia (NOEI), Agus Nugroho dan Direktur UTama PT Gudang Toa Jaya, Rekson Sitorus di kantor TPST Bantar Gebang, Bekasi, Kamis (1/7/2010) mengatakan ada 5.550 ton sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir sampah tersebut setiap harinya.

"Dengan tipping fee sebesar Rp 103.000 per ton. Harga itu sudah naik sejak Januari dari harga sebelumnya Rp 98.000," kata Natsir di TPST Bantar Gebang, Bekasi.

Dengan tipping fee sebesar Rp 103.000 dan volume sampah 5.500 ton per hari maka biaya pengelolaan sampah TPST Bantar Gebang menjadi Rp 566,5 juta per hari.

Tipping fee tersebut diberikan kepada pengelola TPST Bantar Gebang yaitu PT NOEI dan PT Godang Tua Jaya serta kepada Pemkot Bekasi sebagai pemilik tempat.

Pemprov DKI melalui Dinas Kebersihan melakukan tender investigasi peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan dan pengoperasian tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) pada 2008.

PT Godang Tua Jaya join operasi PT Navigat Organic Energy Indonesia mengikuti proses lelang dan ditetapkan jadi pemenang pada Desember 2008 untuk mengoperasikan TPST Bantar Gebang.

Sedangkan sarana dan prasarana baru yang akan dikembangkan untuk memperpanjang masa pakai TPST Bantar Gebang selama minimal 20 tahun yaitu fasilitas pengomposan, struktur sel landfill, thermal process, fasilitas daur ulang, sanitary landfill, di tanah Enclave 2,3 hektar, sanitary landfill, untuk pengumpulan gas dan pembangunan pembangkit listrik.

PT Godang Tua Jaya telah memiliki fasilitas pengomposan yang beroperasi sejak 2004 dan mampu mengolah sampah organik sebanyak 300 ton per hari dengan produksi kompos rata-rata 60 ton per hari.

Kapasitas pengomposan akan ditingkatkan menjadi 1000 ton per hari sampah kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com