Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eagle Awards untuk Film Dokumenter

Kompas.com - 25/06/2010, 04:59 WIB

Jakarta, kompas - Beasiswa diberikan kepada mahasiswa dari sejumlah daerah di Indonesia untuk menggarap film dokumenter memperebutkan Eagle Awards Documentary Copetition 2010. Mengangkat tema ”Cerdas Indonesiaku”, Jumat (25/6), lima dewan juri menetapkan lima proposal terbaik yang berhak memperoleh beasiswa untuk menggarap film dokumenter.

”Lima film dokumenter terbaik yang digarap dengan dana beasiswa akan diputar perdana tanggal 27 Agustus mendatang di Jakarta. Dan, juga diikutkan dalam festival film dokumenter di mancanegara. Diharapkan, film dokumenter 2010 meraih penghargaan internasional seperti film dokumenter Suster Apung dan Kepala Sekolah Pemulung,” kata PR & Publicity Manager MetroTv Henny Puspitasari, Kamis di Jakarta.

Konsultan Program Eagle Awards Lianto Luseno mengatakan, karena tema yang diangkat ”Cerdas Indonesia”, kebanyakan dari 360 proposal menampilkan sekolah secara fisik, yang membuat kesannya jadi stagnan. Setelah diseleksi dengan ketat dan bertahap, 10 proposal masuk semifinal.

Sepuluh proposal yang bersaing untuk dapatkan lima beasiswa adalah Bingo, yang disutradarai M Fajri Aminul Nasrullah dan Ani Susilowati, dari Surabaya, Jawa Timur.

Tomy Almijun dan Rosniawanti Fikri Tahir dari Kendari, Sulawesi Tenggar, akan menggarap Beasiswa Ala Bajo.

Budiyanto dan Elsha Parawira Putri dari DKI Jakarta mengajukan proposal untuk menggarap film dokumenter Dongeng Ajaib. Suyadi dan Imade Anom Bawa dari Bogor menggarap film Ganesha dari Rimba Sumatera. Proposal lainnya juga diajukan para pemohon. (NAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com