Kamis, 24 April 2014

News / Nasional

Sertijab Komandan Lanud Halim Digelar

Kamis, 24 Juni 2010 | 09:56 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Jabatan Komandan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Kamis (24/6/2010) pagi, diserahterimakan dari Marsekal Pertama TNI Bagus Puruhito kepada Kolonel Pnb Nurullah. Upacara serah terima jabatan dipimpin Panglima Komando Operasi I TNI Angkatan Udara Marsekal Muda Eddy Suyanto di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kolonel Pnb Nurullah adalah alumni Akademi Angkatan Udara 1983 dan telah menjalani beberapa penugasan selama berkarir di matra udara antara lain Komandan Skadron Udara 31 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Kabadan Uji Komando Operasi TNI Angkatan Udara II, Komandan Wing I Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Komandan Pangkalan Udara Surabaya dan Asisten Operasi Komando Operasi TNI Angkatan Udara II.

Sebelumnya, pria kelahiran Ngawi Jawa Timur itu juga dipercaya sebagai Koorpsri Kepala Staf Angkatan Udara.

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I Marsekal Muda Eddy Suyanto mengatakan, Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma merupakan salah satu satuan pelaksana Komando Operasi TNI Angkatan Udara I yang memiliki peran strategis. "Selain posisinya yang berada di Ibu kota negara, Halim Perdanakusuma juga menjadi pintu gerbang bagi tamu-tamu VIP dan VVIP dari dalam dan luar negeri," ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, Komandan dan jajaran Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma harus memiliki kepekaan terhadap berbagai ancaman baik yang datang dari dalam maupun luar. "Selain itu, keberadaan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma juga sangat penting untuk mendukung operasi militer selain perang dengan adanya skadron udara pesawat angkut berat (C-130 Hercules) dan skadron udara angkut sedang (CN-235)," kata Eddy.

Pejabat lama Marsekal Pertama TNI Bagus Puruhito dipercaya menjadi Kepala Staf Komando Operasi TNI Angkatan Udara I.


Editor : Glori K. Wadrianto
Sumber: