Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Jadi Paket Wisata Wajib

Kompas.com - 08/06/2010, 17:27 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kegiatan sepeda wisata akan menjadi paket wisata wajib bagi para pengelola desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. "Minat masyarakat Yogyakarta untuk bersepeda di alam pedesaan di daerah ini dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Seiring meningkatnya kebutuhan olahraga dengan sepeda, beberapa komunitas sepeda di Yogyakarta makin banyak bermunculan," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir di Yogyakarta, Senin (7/6/2010).

Menurut Tazbir, setiap Minggu atau libur akhir pekan di beberapa ruas jalan khususnya di kawasan desa wisata kini mulai ramai oleh mereka yang hobi bersepeda.

Bagaimanapun, olahraga sepeda di alam pedesaan khususnya di desa wisata memiliki banyak keuntungan. Selain mendorong perilaku hidup sehat dan bersih, bersepeda di desa wisata akan mendapatkan pengalaman yang berharga.

"Lingkungan udara yang bersih dan keanekaragaman wisata budaya yang dimiliki desa wisata akan menjadi pengalaman batin bagi wisatawan bersepeda ini," kata Tazbir.

Ia mengatakan, kegiatan ’Ayo Bersepeda di Desa Wisata’ yang digelar Dinas Pariwisata DIY, Minggu (6/6/2010), ternyata menarik minat masyarakat pegiat bersepeda. Mereka tampak antusias menikmati alam pedesaan di desa wisata Srowolan, Banyusumilir, Pakem, Kabupaten Sleman.

"Bersepeda di desa wisata akan kami selenggarakan lagi dengan peserta yang lebih besar. Target kami adalah sepeda wisata akan menjadi paket wisata wajib bagi para pengelola desa wisata di DIY sehingga wisatawan menjadi kerasan tinggal di desa," katanya.

Tazbir melanjutkan, kegiatan bersepeda tetap relevan menjadi paket wisata. Selain lokasi mendukung, karakteristik desa yang unik dan langka akan menjadi pemandangan menarik bagi para wisatawan yang menjadi peserta kegiatan sepeda wisata.

"Sampai kini di wilayah DIY terdapat 65 desa wisata dan Kabupaten Sleman memiliki jumlah paling banyak. Daya tarik yang ditawarkan desa wisata cukup memikat para wisatawan. Keadaan alam yang hijau, suasana pedesaan yang unik, suguhan atraksi yang beragam menjadi keunggulan banyak desa wisata di daerah ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com