Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Kerak Telor hingga Gudeg, Semua Ada

Kompas.com - 05/06/2010, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi Anda yang ingin mencicipi berbagai makanan dan minuman Betawi mungkin Anda dapat kunjungi Festival Budaya Betawi Cipete Vaganza yang digelar di sepanjang Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan. Di sana dijajakan aneka makanan dan minuman khas Betawi. "Ncang, ncing, abang, none tinggal pilih," kata salah satu panitia.

Apa saja makanan dan minuman yang ditawarkan? Makanan wajib ada dalam acara-acara Betawi, yakni kerak telor. Ada lagi soto betawi, ketupat betawi, nasi uduk betawi, pepes dan pecak ikan mas, laksa, bubur sum-sum betawi, serta makanan khas Betawi lain.

Makanan ringan juga dijajakan seperti wajik legit, uli, pepes sawo, geplak, dodol, manisan buluk, asinan betawi, kolang-kaling, manisan pepaya, kue rangi, ancemon, dan lainnya. Adapun minuman yang paling terkenal adalah bir pletok. Harga makanan dan minuman bervariasi mulai dari ribuan hingga belasan ribu.

Tidak hanya makanan khas Betawi, di ratusan stan yang berdiri di sepanjang jalan Cipete Raya itu juga dijajakan makanan khas dari berbagai daerah, seperti somay bandung, sate padang, soto lamongan, soto mi bogor, pecel madiun, ikan bakar rica-rica manado, nasi goreng, dan gudeg yogyakarta. Makanan asal luar negeri juga ada, seperti kebab dan burger.

Stan-stan makanan dan minuman itu tersebar di sepanjang Jalan Cipete Raya yang ditutup untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Siapkan tenaga yang cukup untuk melintasi jalan dengan panjang sekitar satu kilometer itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com