Rabu, 1 Oktober 2014

News / Figur

Ciputra: 95 Persen Makanan Saya Sayuran

Sabtu, 29 Mei 2010 | 08:06 WIB

NUSA DUA, BALI, KOMPAS.com — Ciputra, tokoh properti di Indonesia, tampak masih bersemangat ikut Kongres FIABCI.

Meskipun usianya sudah 78 tahun, Pak Ci, panggilannya, masih kuat berjalan kaki. Namun, tak jarang Pak Ci harus naik kursi roda.

Wajar memang jika Pak Ci sangat peduli pada Kongres FIABCI. Pak Ci adalah orang Indonesia dan Asia pertama yang menjadi Presiden FIABCI Dunia pada tahun 1987. Pak Ci juga orang yang memelopori Indonesia menjadi tuan rumah Kongres FIABCI lagi setelah batal menggelar kongres ini tahun 1998 akibat kerusuhan Mei.

Memang demikianlah, Pak Ci adalah sosok tokoh properti Indonesia yang sangat dihormati dunia internasional.

Chairman Bukit Kiara Malaysia dan mantan Presiden FIABCI Dunia Datok Alan Tong, misalnya, menyatakan Pak Ci adalah tokoh panutannya. "Saya banyak belajar dari Pak Ciputra," kata Alan Tong, orang yang mendukung Bali jadi tuan rumah Kongres FIABCI.

Apa rahasia hidup sehat Pak Ci? "Saya setiap hari makan sayur. Dan 95 persen makanan saya sayuran," kata Pak Ci dalam percakapan dengan Kompas.com di sela-sela Kongres FIABCI di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua.

Pak Ci juga masih suka membaca buku. "Saya suka buku-buku nonfiksi tentang entrepreneurship, kewirausahaan," kata pemilik Grup Ciputra itu.

Pak Ci memang pengusaha sukses. Pengalamannya sebagai Presiden FIABCI Dunia 1987 membuat Ciputra berhasil memperluas jaringannya. Grup Ciputra membangun kota baru di Vietnam dan Kamboja.

Semangat hidup Pak Ci memang patut dicontoh. Ketika banyak pengusaha properti sudah kembali ke Jakarta, Pak Ci tetap hadir dalam farewell party FIABCI di Garuda Wisnu Kencana, Jumat (28/5/2010) malam.

Itulah Pak Ci. Meskipun sudah berada di puncak, Pak Ci tetap rendah hati. Banyak yang meminta foto bersama dia dan Pak Ci selalu melayaninya dengan senyum. (Robert Adhi Ksp)


Editor : ksp