Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Jajaki Investasi Energi Bebas Polusi

Kompas.com - 25/05/2010, 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam pertemuan di kantornya, Selasa (25/5/2010), Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Indonesia dan AS yang diwakili oleh Menteri Perdagangan AS Gary Locke bersama 40 pengusaha besar menjajaki kemungkinan kerja sama perdagangan dan investasi, terutama dalam pengembangan energi terbarukan.

"Kita bicara energi terbarukan dan investasi. Amerika menyatakan minatnya untuk kerja sama di teknologi, terutama di efisiensi energi dengan menggunakan teknologi," tuturnya seusai pertemuan.

Hatta mengatakan, energi terbarukan yang paling banyak dibicarakan terkait clean energy untuk menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan menjaga konsistensi 17 persen energi terbarukan.

AS menyatakan kesediaannya untuk saling mendukung. Dengan energi terbarukan, Hatta mengatakan, Indonesia bisa mengurangi konsumsi listrik. Saat ini, teknologi menjadi demand site.

Hatta juga menyatakan bahwa AS menyatakan minatnya untuk mengembangkan investasi di Indonesia, seperti small turbine dan power plant skala kecil. Teknologi ini, lanjutnya, tentunya sangat diperlukan di pulau terluar dan daerah nelayan. AS juga menawarkan kerja sama dalam investasi geotermal.

"Ini merupakan bagian yang akan dilaporkan saat kedatangan Obama. Nanti akan diteken agreement, joint comprehensive agreement AS-Indonesia," ungkapnya.

Namun, Hatta belum dapat mengungkapkan potensi investasi ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com