Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongres FIABCI Bahas Inovasi, Pendanaan, Eco-Property, Green Tourism

Kompas.com - 07/04/2010, 14:00 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kongres Dunia ke-61 FIABCI yang akan digelar di Bali, 24-28 Mei 2010, mengupas empat hal penting, yaitu inovasi dalam dunia properti, pendanaan, eco-property, dan green property. Sejumlah pakar dari seluruh dunia akan mengupas semua persoalan ini di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali.

Demikian diungkapkan Ketua Bidang Seminar Kongres Dunia ke-61 FIABCI, Bayu Utomo kepada pers, Rabu (7/4/10). Hadir Ketua Panitia Kongres FIABCI Pingki Elka Pangestu, Ketua Umum REI Teguh Satria, Sekjen REI Alwi Bagir Mulachela, dan CEO Bakrieland Hiramsyah S Thaib.


Menurut Bayu, para pembicara sebagian besar adalah tokoh dari berbagai latar belakang dan profesi beragam. Mereka adalah perwakilan pejabat pemerintahan, pengusaha, eksekutif perusahaan properti, arsitek, perbankan, dan sektor pariwisata dari Amerika, Eropa, Asia, termasuk dari Indonesia.

Pembicara yang sudah memastikan hadir di Bali adalah John Rabie, tokoh properti dan pemilik Rabie Property Group dari Afrika Selatan, yang sukses membangun Century City dan proyek Westlake di Lembah Constantia, Afrika Selatan.

Selain itu, Toby Bath, Managing Director Hellmuth, Obata+Kassabaum (HOK) Asia Pasifik, perusahaan desain arsitek global dari Amerika. Bath adalah eksekutif yang memiliki pengalaman panjang di industri dan berbagai proyek properti di dunia. Toby memiliki pengalaman dalam pembangunan proyek-proyek komersial, hospitality, perumahan, mixed-use, penerbangan, perencanaan, dan desain kota. Karya Bath di Indonesia adalah Plaza Indonesia, Grand Hyatt Jakarta, dan Bakrie Tower.

Rabie dan Bath bersama-sama dengan Brian Whote, pendiri dan Chairman Raywhite Group, jaringan broker dan investasi properti terkemuka dunia, menjadi pembicara untuk tema inovasi. White merupakan sosok di belakang keberhasilan Raywhite menjadi perusahaan broker properti dengan jaringan usaha yang mendunia. White adalah orang di balik mergernya Coldwell Banker dengan Schmitt Real Estate Co yang kemudian menjadi Coldwell Banker Schmitt Real Estate Co. Saat ini perusahaan ini memiliki lebih 3.900 kantor dan lebih 126.000 tenaga sales association di Amerika, Meksiko, Eropa, China, dan Karibia.

Menurut Bayu, selain tema inovasi, Kongres Dunia FIABCI juga akan membahas tren dan isu penting dalam industri properti seperti pendanaan, eco-property, dan green tourism. Ini sesuai dengan tema besar yang diangkat dalam kongres ini yaitu Save The World: Green Shoots for Sustainable Real Estate.

Dalam topic eco-property dan green tourism, dua pembicara akan tampil yaitu Kenneth Yeang, arsitek terkemuka asal Malaysia yang tinggal id London, dan David Makes pemilik Menjangan Resort id Bali. Ken Yeang adalah arsitek dan pakar ekologi yang konsisten menggunakan kerangka ekologi dalam perencanaan proyek properti selama 40 tahun. Selain itu, Yeang juga penulis buku yang produktif tentang eco-design dan dosen tamu sejumlah universitas terkemuka dunia. Yeang saat ini Chairman Liewlys Davies Yeang, firma jasa arsitek terkemuka yang berkantor di London. Beberapa karya Yeang adalah Mesiniaga Tower (Malaysia), Kowloon Waterfront Masterplan (Hongkong), Solaris (Singapura), dan Perpustakaan Nasional Singapura yang meraih penghargaan Green Mark Platinum Award.

Sedangkan David Makes adalah pemilik Menjangan Jungle and Beach Resort, resort unit yang dibangun id zona pemanfaatan intensive Taman Nasional Bali Barat, Desa Penjarakan, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. Ini merupakan contoh aset pengembangan pariwisata alam yang mengacu konsep kegiatan wisata hutan alam dan wisata laut terpadu.

Pembicara dari Indonesia
Kongres Dunia FIABCI menghadirkan juga pembicara dari dalam negeri, selain Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, juga CEO Lippo James Riady, CEO Bakrieland Hiramsyah S Thaib, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika. James Riady bicara soal pendanaan, Hiramsyah dan MM Pastika seputar eco-property.


Kongres Dunia FIABCI juga menggelar forum investasi perumahan dan permukiman yang dihadiri para bupati, walikota, dan anggota REI seluruh Indonesia. Forum ini menampilkan sejumlah pembicara yaitu Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, Mendagri Gamawan Fauzi, Kepala Badan Pertanahan Nasional Joyo Winoto, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita I Wirjawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com