Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Pangkas Anggaran Promosi Lebih 50 persen

Kompas.com - 26/03/2010, 11:04 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Untuk bisa mempertahankan usahanya setelah opsi pailit yang diambil General Motors (GM), kini pabrikan mobil terbesar dari Amerika Serikat (AS) itu memangkas pengeluaran. Salah satunya, menghapus anggaran promosi dalam bentuk sponsorsip.

"Kami menghapuskan sekitar 60 persen dari pengeluaran total yang sudah dianggarkan. Kami pikir bisa menghabiskan uang yang lebih efektif dan akhrinya mendapatkan lebih banyak lagi," ujar Steve Tihanyi, direktur umum pemasaran dan pelayanan GM, seperti dikutip reuters (24/3/2010).

GM mengajukan opsi pailit atau yang dikenal dengan sebutan Chapter 11pada Juni 2009> Kini muncul kembali sebagai perusahaan plat merah dengan bantuan dana US$ 50 miliar dari pemerintah AS, yang kini memiliki 61 persen saham di perusahaan.

Sejak 2006-2008, GM telah menghamburkan dana senilai US$ 230 juta untuk sponsor. Salah satu yang terbesar mengalir ke arena balap mobil NASCAR dan olahraga motor lainnya. Perusahaan peneliti Navigate dari AS menyatakan, GM saat ini menggunakan sekitar setengah dari suntikan dana pemerintah dan baru akan bisa mengembalikannya dalam lima hingga enam tahun ke depan.

Pihak GM tak secara spesifik mau menyebut berapa dana yang digunakan untuk kegiatan sponsorship. Tapi, Steve Tihanyi mengatakan, jumlahnya akan menyerupai figur tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com