Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

Panasonic Buka Service Center di Bogor

Jumat, 29 Januari 2010 | 20:36 WIB

BOGOR, KOMPAS -  PT Gobel Darma Nusantara membuka Panasonic Service Center (PSC) di Jalan Pajajaran, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jumat (29/1/2010) sore. Ini adalah pusat pelayanan purna jual ke-30 bagi konsumen produk elekronika Panasonic.  

 

"Kami mendirikan Panasonic Service Center di Bogor, yang sepenuhnya dikelola PT Gobel Darma Nusantara (anak perusahan), adalah untuk lebih memenuhi ke butuhan komumen dan permintaan pasar," kata Rinaldi Sjarif, Vice President PT Panasonic Gobel Indonesia, yang meresmikan kantor PSC Bogor itu.  

 

Menurut Rinaldi, di Bogor sudah ada pusat servis produk Panasonic, yang dikelola pihak ketiga dengan izin resmi dan diawasi pihaknya. Namun, tetap diputuskan mendirikan PSC Bogor karena tuntutan konsumen dan pasar yang makin meningkat. Ini juga seiring kebijakan perusahaanya yang terus menghasilkan dan meningkatkan produk dengan teknologi tinggi.  

 

Di PSC Bogor, kata dia, Panasonic menawarkan servis semua produk high dan audio visual seperti plasma, LCD, digital still camera, dan digital video camera. Tersedia juga suku cadang untuk mempecepat pelayanan purna jual Panasonic.  

 

Lebih lanjut Rinaldi mengatakan, perusahannya tetap terbuka pada pihak ketiga yang ingin membangun usaha pusat servis berizin resmi Panasonic. Yang penting, lokasi usahanya stategis dan peminatnya mempunyai skill dibidang servis elektronika.   

 

Peluang usaha servis eletonika ini masih terbuka sebab pasarnya masih besar. Di Bantarjati saja penduduknya lebih dari 25.000 orang, yang tentunya konsumen produk elektonika. "Untuk punya usaha servis elektonika berizin resmi Panasonic, dibutuhkan investasi sekitar Rp 40 juta untuk peralatan, di luar biaya gedung dan gaji karyawan," kata Rinaldi Sjarif.  

 

Mengenai sejarah Panasonic, dimulai dengan kehadiran radio Tjawang oleh Thayeb Moh Gobel pada 1954. Televisi pertama produknya muncul 1962. Produk-produk elektroniknya dengan memakai merek National diperkenalkan pada 1970. Pergantian nama National menjadi Panasonic dilaksanakan pada 2004.  

 

Nilai penjualan Panasonic pada 2009 mencapai Rp 4 trilyun. "Tahun 2010 ini kami menargetkan nilai penjualan itu dapat naik 20 sampai 25 persen dari nilai penjualan tahun lalu," ungkap Vice President PT Panasonic Goble Indonesia itu (rts)

 


Editor : primus