Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1000 Lilin Warga Sulut untuk Gus Dur

Kompas.com - 02/01/2010, 23:50 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Berbagai elemen masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) Sabtu malam memasang 1.000 lilin untuk mengenang wafatnya mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kegiatan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado yang dihadiri sejumlah tokoh agama dan masyarakat, budayawan serta aktivis di daerah itu, diisi dilakukan pembacaan puisi.

Ketua Forum Komunikasi Antar-Umat Beragama Sulut Pdt DR Nico Gara mengatakan, Gus Dur boleh pergi dipanggil oleh Pencipta, tetapi semangatnya membangun pluralisme, semangatnya melihat setiap persoalan dari berbagai sudut tanpa mementingkan kelompok sendiri, kiranya dapat dikobarkan terus. "Hanya dengan pola berpikir seperti beliau, bangsa ini tetap jaya," katanya.  
      
Nico Gara mengatakan, "Gus Dur mengajarkan kepada kita bagaimana  melihat setiap permasalahan dari sudut pandang yang lain, sehingga memperkaya wawasan".

"Dengan cara seperti itu, mendapat jalan keluar  yang lebih bervariasi untuk memecahkan persoalan bangsa," katanya.

Anggota DPRD Sulut Jhon Dumais mengatakan, Gus Dur merupakan seorang pemimpin yang patut dicontohi dan diteladani. "Pemikiran Gus Dur melampaui serta mengangkat semua perbedaan," katanya.
 
"Gus Dur membela hak asasi manusia bangsa Indonesia, serta berjuang dengan tidak pernah melihat agama,  suku apapun," kata aktivis perempuan, Vivi George.
     
Adilukito kordinator kegiatan mengatakan, kegiatan ini dilakukan spontanitas untuk memperingati tiga hari wafatnya Gus Dur."Peran dari Gus Dur untuk memajukan bangsa serta seluruh masyarakat sangat besar," katanya.
     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com