Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir, Bank Dunia Tawarkan 135,5 juta dollar AS

Kompas.com - 24/11/2009, 13:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Dunia menawarkan pinjaman senilai 135,5 juta dollar AS ke pemerintah Indonesia untuk menangani banjir. Pinjaman yang ditawarkan itu terkait dengan program Jakarta Emergency Dredging initiative atau JEDI.

Menurut Direktur Jendela Pengelolaan Utang Negara Departemen Keuangan Rahmat Waluyanto pinjaman tersebut jika memenuhi syarat akan diambil oleh pemerintah dan dimasukkan dalam APBN perubahan 2010.

Hal itu disampaikan Rahmat kepada pers seusai mengikuti rapat tentang penyelesaian proyek banjir kanal timur dan kesiapan penanggulangan banjir Jakarta, Selasa (24/11) di Istana Wapres Jakarta.

Rapat yang dipimpin Wapres Boediono, dihadiri oleh sejumlah pejabat, terkait diantaranya, Gubernur DKI Fauzi Bowo, Pejabat PU dan pejabat Departemen Keuangan. "Memang ada tawaran dari Bank Dunia yang bernama JEDI, nilainya 135,5 juta dollar AS. Kalau persyaratannya kita penuhi, kita akan mengambil dan dinegosiasikan dulu. Jika komitmennya sudah selesai, dana itu akan masuk ke APBN-P 2010," ujarnya.

Menurut Rahmat, dari 135,5 juta dollar AS, sebanyak 56 juta dollar AS akan dipinjamteruskan kepada pemerintah Pemprov DKI Jakarta, untuk penanggulangan banjir di Ibukota. Adapun sisanya akan digunakan pemerintah untuk menyelesaikan proyek pembangunan banjir kanal timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com