Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MUI: Jangan Percaya Ramalan Kiamat

Kompas.com - 18/11/2009, 09:11 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat untuk tidak memercayai ramalan tentang datangnya hari kiamat, seperti yang digambarkan dalam film berjudul 2012.
     
"Apabila masyarakat memercayai film tersebut, bertentangan dengan akidah," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi MUI Jatim A Rachman Aziz di Surabaya, Rabu (18/11).
     
Menurut dia, datangnya hari kiamat tidak bisa diramalkan dan ditentukan oleh manusia. "Umat Islam memang harus percaya kiamat itu pasti terjadi. Namun, kapan dan seperti apa kiamat itu terjadi, merupakan kuasa Allah," katanya.
     
Bahkan, dia yakin orang yang membuat film 2012 tidak dapat mengetahui, kapan dan bagaimana kiamat itu terjadi. "Yang ada di film itu hanya imajinasi orang yang membuatnya," kata Rachman.
     
Film yang dibintangi John Cussack itu diputar secara serentak di gedung-gedung bioskop di Indonesia sejak 14 November. Film yang menjadi box office itu mengisahkan ramalan suku Maya kuno bahwa kehidupan di dunia akan berakhir pada 21 Desember 2012.
     
Rachman berpendapat, ada dampak positif dan negatif bagi masyarakat mengenai film tersebut. "Sisi positifnya, masyarakat akan memercayai datangnya hari kiamat sehingga akan berbuat kebajikan, sedangkan negatifnya adanya kepercayaan masyarakat bahwa pada 2012 mendatang akan terjadi kiamat," tuturnya.
     
Meskipun demikian, MUI Jatim tidak melarang masyarakat untuk menonton film 2012 itu. "Kami hanya mengimbau masyarakat jangan percaya film itu, bukan melarang menonton," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com