Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Akan Kirim Pesawat ke Sumatera

Kompas.com - 03/10/2009, 10:56 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Presiden Federasi Rusia Dmitry Medvedev, beberapa saat setelah terjadinya gempa bumi di Sumatera Barat, mengirimkan pesannya kepada bangsa Indonesia dan menyatakan rasa duka yang mendalam, serta siap mengirimkan bantuan.

"Pemerintah Rusia juga siap memberikan bantuannya," ujar Dmitry Medvedev yang telah mengirimkan pesan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Konselor KBRI Moskwa, M Aji Surya, kepada koresponden Antara London, Sabtu (3/10), mengatakan bahwa pernyataan Presiden itu dilansir dalam situs resmi Kepresidenan Rusia.

Dalam situs resmi tersebut, Presiden Dmitry Medvedev mengirimkan kawat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta mengungkapkan belasungkawa dan kepedihan atas korban yang meninggal dan terluka dalam bencana alam tersebut.

Lebih lanjut dikatakan juga, pada saat Indonesia mengalami kesedihan yang luar biasa seperti sekarang, maka pemerintah dan warga Rusia berada bersama-sama dengan pemerintah dan warga Indonesia.

Sebagai bukti ikut merasakan kepedihan bangsa Indonesia, Departemen Keadaan Darurat Federasi Rusia mempersiapkan dua pesawat terbang yang dilengkapi tim dokter, psikolog, regu penolong, anjing pelacak, dan peralatan lainnya. Begitu surat izin atau clearance didapat, maka kedua pesawat itu akan segera diterbangkan. Hal itu dikatakan M Aji Surya.

Sejauh ini, tidak terpantau adanya warga Rusia yang menjadi korban, baik meninggal maupun luka-luka, dalam gempa bumi di Tanah Gadang tersebut.

Hal itu terjadi karena memang kebanyakan turis Rusia umumnya lebih senang berlibur di Bali. Tahun lalu, tercatat 65.000 turis Rusia berkunjung ke Indonesia.

Menurut Konselor M Aji Surya, KBRI Moskow juga menerima ucapan belasungkawa yang mendalam dari sejumlah nama terkemuka, seperti Presiden Belarus Alexander Lukashenko, Gubernur Kemerovsk Region Rusia, Aman Tuleyev, dan Pemimpin Redaksi TV Nasional Rusia Dmitry Skorobtov.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com