Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalkan, Batik "Belimbing Depok"!

Kompas.com - 02/10/2009, 13:43 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Di Depok, para guru mulai memakai Batik Belimbing, yaitu motif batik khas Kota Depok. Nama dan motif batik tersebut diambil dari buah yang dijadikan sebagai salah satu ikon kota Depok, yaitu Belimbing Depok.

Herry Suwastono, guru SMPN 4 Depok, misalnya. Herry mengaku bangga memakai batik tersebut, apalagi memakainya di hari yang sudah diimbau oleh pemerintah untuk memakai batik secara nasional pada Jumat (2/10) ini.

Warna dasar batik tersebut kuning, persis warna buah Belimbing Depok yang masak. Buah yang selama ini dijadikan sebagai ikon kota oleh Pemerintah Kota tersebut. Tampak indah bersanding dengan arsiran dan motif kecoklatan di sela-sela warna utama tersebut.

"Memang sudah dibagikan sejak sebelum bulan puasa kemarin, cuma karena rata-rata tukang jahitnya penuh, belum semua guru memakainya," ujar Fajar Sirait, guru Fisika SMPN 4 Depok, yang mengaku terpaksa memakai batik motif lain.

Sementara itu, di SMPN 3 Depok para guru juga memakai "Batik Depok" ini. Sama halnya dengan di SMPN 4, belum semua guru memakai batik tersebut lantaran waktu pembagiannya yang mepet dengan waktu jelang lebaran. Alhasil, banyak penjahit kebanjiran order dan tidak sempat menjahitkan batik-batik yang sudah dibagikan oleh Pemerintah Kota Depok kepada para guru ini.

"Tapi mungkin bulan depan semua sudah memakainya dan bisa seragam di tiap hari Jumat," ujar Wakil Kepala Sekolah SMPN 3 Depok Cecep M Yunus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com