Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Darat Padang-Muaralabuh Putus

Kompas.com - 30/09/2009, 22:17 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Jalan lintas Sumatera Padang-Muaralabuh terputus akibat gempa di Kayu Jao, Kecamatan Gubung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang berkekuatan 7,6 skala Richter yang terjadi pada Rabu (30/9) pukul 17.15 WIB, yang berpusat di daerah Padang Pariaman.

Wakil Bupati Solok Desra Ediwan Anantanur yang dihubungi Kompas, Rabu malam, mengatakan, hubungan darat terputus ke Muaralabuh dan Kerinci, Provinsi Jambi, karena terjadi longsor di tiga titik di Kecamatan Gunung Talang.

"Hasil pemantauan ke lapangan, badan jalan tertutup longsoran, sehingga tak bisa dilewati. Namun, malam ini alat berat sudah dikerahkan ke lokasi untuk menyingkirkan material longsoran yang menutup badan jalan," katanya.

Desra Ediwan juga melaporkan, akibat gempa sedikitnya ada 20 rumah di Kabupaten Solok yang roboh. Kantor Bupati Solok dan sejumlah perkantoran lainnya di Arosuka juga rusak berat dan tak bisa difungsikan lagi.

Korban jiwa dilaporkan tidak ada, tetapi hingga Rabu malam, Wakil Bupati Solok itu terus melakukan koordinasi dan mengunjungi warga di sejumlah tempat. "Di samping kita menunggu laporan, daerah yang bisa dikunjungi akan dipantau langsung," ujar Desra Ediwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com