Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Australia Memberi Selamat kepada Indonesia

Kompas.com - 18/09/2009, 10:24 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Kevin Rudd memuji dan menyampaikan selamat kepada Indonesia atas keberhasilan Polri menewaskan gembong teroris asal Malaysia, Noordin M Top, dalam baku tembak di sebuah rumah di Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/9).

"Ini adalah operasi yang sangat sulit dan memakan waktu panjang. Kredit (keberhasilan) ini pantas diberikan untuk bangsa Indonesia lewat aparat keamanannya yang telah menunaikan tugas ini," katanya dalam wawancara dengan ABC AM, Jumat pagi.

Namun, Pemimpin Australia itu mengingatkan, sukses yang dicapai Polri hendaknya tidak membiarkan kita berpuas diri dengan masa depan karena Jemaah Islamiyah dan Al Qaeda masih hidup.

"Ini hasil yang sangat penting. Orang ini (Noordin M Top) seorang pembunuh massal. Dia bertanggung jawab terhadap pembunuhan orang-orang Australia dan saya menyampaikan selamat kepada bangsa Indonesia atas keberhasilan ini," kata PM Rudd.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya keberlanjutan hubungan dan kerja sama bilateral Indonesia-Australia dalam penumpasan terorisme.

Di mata Rudd, gembong teroris asal Malaysia ini terlibat dalam berbagai aksi terorisme di Indonesia, seperti bom Bali tahun 2002 dan 2005, bom Hotel Marriott Jakarta tahun 2003 dan 2009, dan serangan terhadap gedung Kedutaan Besar Australia di Jakarta tahun 2004.

Sementara itu, keberhasilan Indonesia membunuh Noordin M Top dalam baku tembak di Solo, Jawa Tengah, itu digambarkan media Australia sebagai kemenangan besar Polri. Namun, kematian gembong teroris asal Malaysia itu tidak kemudian membebaskan negeri itu dari bahaya terorisme.

Pimpinan Polri memastikan kematian Noordin M Top dalam insiden di Solo itu lewat tes sidik jari dan DNA. Agustus lalu, dia sempat dilaporkan tewas dalam penyerbuan oleh Densus 88 di sebuah rumah di Dusun Beji, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Namun, laporan spekulatif berbagai media Indonesia dan dunia itu kemudian diluruskan Polri berdasarkan hasil tes DNA. Dalam pernyataan persnya Agustus lalu, Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith menyebut Noordin sebagai teroris yang telah diburu dan paling diinginkan Australia untuk dibawa ke pengadilan.

Sekalipun Australia hingga kini masih aman dari aksi serangan kelompok teroris seperti yang pernah dialami Indonesia, Amerika Serikat, Spanyol, Inggris, dan puluhan orang warganya ikut menjadi korban aksi terorisme.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com