Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Miskin Minta KPU Netral

Kompas.com - 01/07/2009, 12:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan rakyat miskin yang tergabung dalam aksi Sukarelawan Perjuangan Rakyat untuk Pembebasan Tanah Air (Spartan) berunjuk rasa di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (1/7). Mereka mendesak KPU untuk bersikap netral dalam persiapan dan penyelenggaraan Pemilihan Presiden mendatang.

Spartan meminta KPU untuk tidak condong ke salah satu pasangan calon yang incumbent. "Di sini kita meminta KPU netral dalam proses demokratis negara sekarang," tutur Wakil Koordinator Spartan Dominggus Oktavianus di sela-sela aksi.

Selain mendengungkan penolakan atas pasangan calon yang dinilai menganut paham neoliberalisme, Spartan datang juga atas fakta bahwa banyak rakyat miskin yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pileg lalu.

Spartan menengarai KPU dekat dengan pasangan SBY-Boediono dan menuduh KPU telah memalsukan DPT. "KPU, KPU, dimana otakmu? Engkau tidak tahu siapa rakyatmu. Daftar DPT kau palsu-palsukan, titipan SBY," demikian seruan yang disampaikan Spartan melalui nada lagu 'Pelangi-Pelangi' yang diubah liriknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com