Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Indonesia Juara Dunia

Kompas.com - 24/06/2009, 20:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelajar Indonesia kembali meraih prestasi gemilang di kancah internasional dengan menjuarai Global Enterprise Challenge (GEC) 2009. Tim Indonesia berhasil mengalahkan juara dunia tahun lalu, Selandia Baru, juara tahun 2007, Amerika Serikat, dan negara peserta dari lima benua, antara lain: Jerman, Australia, Selandia Baru, Skotlandia, Jepang, Afrika Selatan, Korea, dan Singapura.   

Yohanes Surya, Ketua Surya Institute, di Jakarta, Rabu (25/6), mengatakan berita kemenangan tim Indonesia itu diumumkan oleh astronaut NASA Sandra Magnus, dalam suatu live web stream pada jam 14.30 GMT atau jam 21.30 WIB pada tanggal 23 Juni 2009.

Tim Indonesia yang menamakan diri Kelompok Spoon Corporated diwakili oleh Wismaya Adi Purnama (SMA Taruna Nusantara Magelang), Lita Gunawan (SMAK Yahya Bandung), Rizki Satrio Nugroho (SMA Madania Bogor), Evelyn Antoinette (Bina Bangsa School Jakarta), Asyraf Firas Abdurrasyid (SMAN 1 Bandung), dan Christa Yona Twedrian (SMA Regina Pacis Bogor). 

Dengan menjuarai GEC di tahun 2009 ini, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang memenangkan GEC sejak diluncurkan di Skotlandia pada tahun 2002. Saat ikut serta untuk pertama kalinya dalam GEC tahun 2008, Indonesia bau berada di peringkat keenam setelah berhasil mengalahkan Singapura. Sementara itu, Korea kembali memenangkan penghargaan kreatifitas dalam GEC 2009, mengulangi prestasi mereka tahun lalu dalam GEC 2008.

Anggota Tim Indonesia di GEC 2009 datang dari berbagai latar belakang dan sekolah, bekerja sama dalam satu tim untuk memecahkan challenge berupa simulasi masalah yang dirancang oleh NASA, yang disiarkan melalui internet secara bersamaan ke semua peserta di berbagai tempat penyelenggaraan lomba di dunia.

GEC adalah lomba inovasi dan entrepreneurial di antara kelompok para remaja usia 16-19 tahun, menggunakan teknologi internet dan menjangkau skala regional dan global. Tim-tim peserta dari seluruh dunia harus menjawab challenge atau persoalan yang diberikan oleh NASA dan disiarkan melalui internet dari Glasgow, Skotlandia.

Challenge yang diberikan menuntut tim peserta merancang suatu prototipe dan rencana bisnis/marketing untuk suatu produk yang bisa dipasarkan secara komersial, demi mencapai suatu tujuan. Semua konsep, rancangan prototipe, rencana bisnis, serta rekaman presentasi (yang durasinya maksimum hanya 3 menit) harus diselesaikan dalam waktu yang sangat terbatas, yaitu dalam 24 jam sejak challenge diterima. Umumnya, tujuan ini berhubungan dengan suatu obyektif sosial atau yang terkait dengan masalah lingkungan.  

Saat ini sekitar 5000 siswa dari 200 sekolah/perguruan tinggi dari berbagai negara di lima benua berpartisipasi dalam GEC setiap tahunnya GEC didukung oleh NASA dan World Intellectual Property Organisation (WIPO), yang mana WIPO memberikan medali emas pada tim pemenang serta sertifikat pada masing2 anggota tim.

Tim Indonesia berkumpul bersama untuk mengikuti GEC sejak Senin 22 -24 Juni 2009 di Jakarta. Tahun ini latar belakang Challenge yang diberikan oleh NASA adalah bahwa setiap hari, satu milyar orang di dunia akan kelaparan, sementara rumah tangga di negara-negara G-20 membuang jutaan ton makanan sisa senilai milyaran dolar.

Challenge GEC tahun 2009 adalah bagaimana merancang suatu model dari suatu produk atau jasa yang inovatif, yang bisa mengurangi makanan terbuang (reduce food waste) di negara peserta serta sekaligus menolong mengatasi kelaparan di salahsatu negara termiskin di dunia.

Solusi harus dipresentasikan oleh setiap tim dalam bahasa Inggris kepada tim juri dalam bentuk rekaman maksimum 3 menit, disertai business plan, yang dikirim via internet ke para juri di Skotlandia, 24 jam setelah Challenge diberikan.

Pemenang ditentukan berdasarkan kombinasi pendekatan inovatif dan kreatif, pertimbangan cost-benefit dari produknya, efektifitas strategi pemasarannya terhadap target audience-nya, serta efektifitas penyampaian idenya dalam presentasinya selama maksimum 3 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com