Kamis, 2 Oktober 2014

News / Nasional

Pemenang Adipura Tahun 2009 Meningkat

Jumat, 5 Juni 2009 | 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dibandingkan tahun 2008, jumlah penerima penghargaan Adipura atau kota dengan predikat terbersih tahun ini mengalami peningkatan sebesar 8 persen.

"Jumlah kota peserta program Adipura tahun ini adalah 375 kota. Untuk tahun ini, jumlah kota yang memperoleh penghargaan Adipura meningkat 8,2 persen dibanding tahun lalu. Penerima penghargaan adalah 126 kota atau 33,7 persen dari jumlah peserta," ujar Rahmat Witoelar, Menteri Negara Lingkungan Hidup, setelah menyerahkan Penganugerahan Adipura di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (5/6).

Ia menerangkan, kenaikan tersebut disebabkan adanya peningkatan intensitas sosialisasi penerapan Undang-Undang No 18 tentang Pengelolaan Sampah. "Ada juga peningkatan pelaksanaan kegiatan Go Green di beberapa provinsi serta kesepakatan gubernur antar provinsi dalam pengelolaan lingkungan," terang dia.

Jika suatu kota mendapat nilai di atas 73 maka kota tersebut termasuk nyaman dan menandakan kota yang layak dan baik ditinggali. Semua penilaian, terang dia, dilakukan secara transparan dan tidak mendapat pengaruh dari pihak mana pun. "Data diambil dari pemerintah daerah, lalu dinilai secara obyektif oleh saya sendiri, tidak ada masukan dari mana pun, termasuk bapak presiden," urainya.

"Banyak juga daerah yang stres karena tidak menang, padahal mereka telah mengeluarkan dana yang besar," imbuhnya.

Kota-kota yang mendapatkan Adipura antara lain Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Palembang, Jakarta Utara, Semarang, Jakarta Timur, Pekan Baru, Malang, Balikpapan, dan Denpasar.

"Diharapkan dengan adanya penghargaan ini, daerah lain juga akan termotivasi untuk meningkatkan kebersihan. Dan tahun depan pemenangnya bertambah lagi," harap Rahmat.


Editor :