Kamis, 23 Oktober 2014

News / Nasional

"Karawang Bekasi" dari WS Rendra untuk Mega-Pro

Minggu, 24 Mei 2009 | 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyair kondang WS Rendra dijadwalkan akan membacakan puisi "Karawang Bekasi" karya Chairil Anwar tahun 1948, yang bernapaskan perjuangan, pada deklarasi pasangan capres Megawati-Prabowo, yang berlangsung di TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Hal itu disampaikan Koordinator Acara, Aria Bima, Minggu (24/5).

"Rendra akan membacakan puisi Karawang Bekasi, juga puisi lain," kata Aria.

Pembacaan puisi ini akan diikuti dengan penyerahan bendera Merah Putih oleh satu pasang anggota veteran kepada capres dan cawapres. Para pemulung, petani, buruh, dan nelayan yang diundang hadir pada deklarasi ini juga diberikan kesempatan untuk memberikan harapan.

Mega dan Prabowo akan menyampaikan orasi masing-masing sekitar 10 menit. Deklarasi akan dimulai pukul 15.00. Sebuah bendera raksasa berukuran 70 x 100 meter akan dijadikan salah satu elemen yang mencolok pada deklarasi ini. Sebanyak 11.000 kentongan juga disiapkan untuk dipukul oleh para petugas berpakaian hansip dan massa yang hadir. Pemukulan ribuan kentongan ini dijadikan sebagai simbol dimulainya perjuangan rakyat.

Hingga pukul 12.00, acara dimulai dengan hiburan rakyat yang diisi oleh sejumlah artis Ibu Kota, di antaranya Jaja Miharja, Didin-Miing Bagito, dan Franky Sahilatua.


Editor :