Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Caleg Ditempeli Muka Monyet

Kompas.com - 28/02/2009, 15:43 WIB

LHOKSEUMAWE, SABTU — Atribut peserta Pemilu 2009 kembali menjadi sasaran keisengan orang tak bertanggungjawab. Di Kota Lhokseumawe, misalnya, wajah caleg wanita dari Partai Aceh (PA) ditempeli muka monyet. Sedangkan di Aceh Jaya, poster caleg PA disemprot cat hitam.

Baliho caleg PA untuk DPRK Lhokseumawe, Nuraida, yang dipajang di Jalan Pase, Kecamatan Banda Sakti, Jumat kemarin (27/2), ditemukan telah ditempeli muka monyet pada bagian wajahnya. Pengurus PA sudah melaporkan kasus itu ke Panwaslu.

Anggota Panwaslu Lhokseumawe, Muktar Yusuf, yang dihubungi Serambi membenarkan telah mendapatkan laporan pengurus PA menyangkut kasus penempelan muka monyet di wajah caleg di baliho PA.

Menurut Mukhtar, Panwaslu telah turun ke lokasi dan menyaksikan hal itu. Namun, hingga kemarin sore belum diketahui pelaku dan motif penempelan tersebut.

Untuk menindaklanjuti permasalahan ini, pihaknya akan berusaha menghimpun data, dan keterangan saksi. Diharapkan pihaknya segera bisa mengambil kesimpulan dalam sebuah rapat pleno, apakah itu pelanggaran administrasi atau pidana. "Bila keputusan pleno nantinya adalah pelanggaran pidana, maka penyelesaian masalah akan kita serahkan kepada pihak kepolisian," kata Mukhtar.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Zulkifli melalui Kapolsek Banda Sakti Iptu Adi Sofyan, mengatakan, hingga kemarin malam pihaknya belum mendapatkan laporan lanjutan dari Panwaslu tentang pelanggaran tersebut. "Kami tunggu keputusan Panwaslu dulu, untuk bisa menindaklanjuti permasalahannya," ujar Iptu Adi Sofyan yang langsung turun ke lokasi kejadian sekitar pukul 16.00, kemarin.

Provokasi murahan

Mengenai kejadian di atas, Juru Bicara PA Aceh Utara dan Lhokseumawe, Dedi Safrizal, berharap pelakunya bisa ditangkap. "Karena selama ini aksi pelanggaran terhadap PA tidak ada satu pun yang telah terungkap," ujarnya.

Dengan kejadian ini, Dedi mengimbau semua pihak yang tidak senang dengan PA agar tetap menjunjung tinggi sportivitas sebagaimana diatur dalam  aturan pemilu. "PA adalah partai lokal yang memiliki legalitas sama dengan partai lainnya di mata hukum. Jadi jangan melakukan provokasi-provokasi murahan seperti itu lagi. Mari junjung sportivitas sehingga perdamaian Aceh akan terus terpelihara," tandasnya.

Kepada simpatisan PA, Dedi berharap tidak terpancing dengan provokasi murahan. Harus tetap sabar dan waspada terhadap berbagai kemungkinan. "Kader PA tidak boleh terprovokasi," imbau Dedi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com