Rabu, 23 April 2014

News / Nasional

Wapres Kalla Siap Jadi Capres

Jumat, 20 Februari 2009 | 14:03 WIB

Baca juga

JAKARTA, JUMAT — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan siap menjadi calon Presiden RI periode 2009-2014. Meskipun siap, Wapres Kalla menegaskan dirinya tidak pecah kongsi dengan Presiden Yudhoyono hingga Oktober mendatang. Hal itu ditegaskan Kalla saat ditanya pers dalam keterangan pers rutin seusai shalat Jumat di Istana Wapres Jakarta, Jumat (20/2).

"Sebagai ketua DPP Partai Golkar, saya tidak bisa berbicara lain selain dari apa yang diinginkan dan diputuskan dari bawah (sebagai capres). Akan tetapi ini tentu sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan Partai Golkar," tandas Wapres.

Menurut Kalla, keputusan formal Partai Golkar akan dilakukan pada April mendatang dalam Rapat Pimpinan Nasional Khusus (Rapimnasus). "Awal Maret akan dilakukan penjaringan dari bawah dan nanti April akan diputuskan dalam Rapimnasus," tambahnya.

Kalla menyatakan, demi kepentingan bangsa dirinya sejak dulu siap menjadi apa saja.

Sebelumnya sejumlah Dewan Pimpinan Daerah Tingkat I Partai Golkar, seusai menghadiri Rapat Konsultasi Nasional di kantor DPP Partai Golkar Slipi, Rabu malam, menemui Kalla untuk meminta kesediaannya sebagai capres.

Saat ditanya apakah ia siap untuk head to head bertarung dengan Presiden Yudhoyono, Wapres Kalla menjawab secara diplomatis, "Sejak awal saya siap apa saja untuk kepentingan bangsa."

Menjawab pertanyaan apakah kesiapaannya sekarang ini merupakan inkonsistensi Partai Golkar mengingat sebelumnya Kalla menyatakan bahwa pencalonan presiden dari Partai Golkar akan ditetapkan tiga bulan menjelang pilpres, Kalla menjawab, "Jadwal penetapan tidak ada perubahan. seperti yang saya bilang, secara formal Partai Golkar akan menetapkan itu pada Rapimnasus."


Editor :