Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gurita Berkepala Manusia Diberi Nama Siti Nurbaya

Kompas.com - 06/01/2009, 01:16 WIB

PADANG, SENIN - Rumah pasangan Herman (45) dan Nita (42) di kelurahan Berok Nipah, Muara Padang, Kecamatan Padang Barat tidak lagi sepi. Hampir setiap waktu, silih berganti orang datang ke rumah permanen yang dikontrak Nita tersebut. Rumah kontrakan yang memang sempit tersebut, semakin terasa sempit.

Kunjungan tidak hanya datang dari warga sekitar tapi juga warga Kota Padang lainnya, bahkan ada yang datang dari luar Kota Padang. Pemberitaan tentang gurita berkepala mirip manusia menjadi alasan kedatangan warga tersebut.

"Sampai Senin (5/1) dinihari masih ada warga yang datang melihat, mereka mengetok pintu rumah agar bisa melihat gurita berkepala manusia ini," ujar Nita saat dikunjungi, Senin (5/1).

Tidak hanya Nita yang ketiban rezeki. Warga sekitar yang tinggal di kawasan yang padat tersebut juga mendapat rezeki bak durian runtuh. Selain dari parkir kendaraan sepeda motor, juga dari beberapa kantong sumbangan yang disediakan. Sebelum sampai ke rumah Nita, mulai dari jalan Muara, setidaknya ada tiga pos kantong sumbangan yang mesti dilewati pengunjung.

Pos pertama di mulut gang, bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor dikenakan uang parkir sebesar Rp 1.000. Selanjutnya, tidak beberapa jauh dari lokasi ada pos sumbangan sukarela untuk masjid. Kantong sumbangan terakhir disediakan di rumah Anita.

Nita mengaku tidak pernah mendapat mimpi atau firasat aneh setelah gurita berbentuk kepala manusia tersebut ada di rumahnya. Hanya saja, saat merebus gurita untuk makan siang, ia sempat mendengar suara tangis bayi.

"Awalnya saya pikir, itu tangis bayi tetangga tapi setelah saya ingat-ingat benar, di kawasan tempat tinggal saya tidak ada tetangga yang memiliki bayi," ujarnya.

Rasa penasaran juga yang mendorong Nita mencari dimana sumber suara tangis bayi tersebut. Pencarian Nita berakhir di dapur. Dari dapur suara tersebut semakin keras terdengar. Nita baru tersentak saat melihat kuali tempat gurita tersebut direbus. Nita mengaku sampai saat ini tidak pernah bermimpi terkait dengan gurita berwajah mirip manusia tersebut.

"Kepala gurita tersebut muncul di tengah kuali, seperti orang minta tolong dan tampak bergerak-gerak," ujar Nita menambahkan saat itulah ia baru sadar saat memperhatikan dengan seksama ternyata bagian kepala gurita tersebut sudah berubah bentuk, mirip kepala manusia.

Sejak Minggu (4/1) sampai Senin (5/1), setidaknya pengunjung yang datang sudah mencapai ribuan orang. Informasi tentang adanya gurita yang memiliki kepala mirip manusia tersebut sudah tersebar luas. Mereka tidak hanya datang dari Kota Padang tapi juga dari Batusangkar dan Pariaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com