Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bengawan Solo" dalam Musik Tradisional China

Kompas.com - 13/12/2008, 01:19 WIB

Lagu Bengawan Solo karya maestro keroncong asal Solo, Gesang Martohartono, dinyanyikan dalam irama keroncong, itu biasa. Namun, kalau ”Bengawan Solo” dinyanyikan dalam irama keroncong dengan iringan musik tradisional China, itu tidak biasa. Inilah yang ditampilkan Harmony Chinese Music Group Bandung pada Festival Keroncong Internasional 2008 atau International Keroncong Festival di Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/12) malam.

Menggunakan alat-alat musik tradisional China, Harmony Chinese Music Group mempersembahkan permainan musik dalam irama keroncong yang menawan, mengiringi penyanyi Catya yang membawakan lagu ”Bengawan Solo”, ”Bunga Anggrek”, ”Bandung Selatan di Waktu Malam”, dan ”Jembatan Merah”.

Permainan alat musik, seperti yangqin (kecapi pukul), guzheng (kecapi), liuqin (chinese okulele), erhu (alat musik seperti rebab), pipa (chinese lute), sanxian (chinese banjo), danuan (bass), ruan (chinese gitar), dan dizi (suling), memukau ratusan penonton yang memenuhi Sitihinggil (salah satu tempat kegiatan raja) Keraton Surakarta, Solo.

Persembahan lagu ”Bengawan Solo” dari penyanyi Catya seakan membawa ”Bengawan Solo” ke negeri Tiongkok. Bahkan, Catya sempat berduet dengan GKR Wandansari (Pengageng Sasono Wilapa Keraton Surakarta) dalam lagu ”Jembatan Merah”.

”Menjadi peserta festival keroncong merupakan tantangan bagi kami karena ini pertama kali kami memainkan musik China dalam irama keroncong. Walau begitu, kami ingin menampilkan terbaik dan ikut memberi warna kebudayaan Indonesia,” ujar Andrey Harmony, Manajer Harmony Chinese Music Group, seusai pertunjukan.

Selain musik China, hari pertama IKF 2008 juga menampilkan karya musik keroncong dari negeri jiran Malaysia lewat penampilan Yayasan Warisan Johor. Permainan musik keroncong bernapaskan musik melayu mengiringi persembahan lagu berjudul ”Bunga Tanjung”, ”Bisikan Hati”, ”Aku dan Dia”, dan ”Gerimis Mengundang” dari Wahidah Abdulrahman. Lagu ”Gerimis Mengundang” yang juga populer di Indonesia dibawakan Wahidah dalam alunan suara yang menawan, menggetarkan hati.

”Saya bangga dan gembira karena bisa tampil dalam festival ini. Saya berusaha menghayati lagu-lagu yang akan dinyanyikan,” ujar Wahidah, yang mengaku baru pertama kali datang ke Solo.

Selain peserta dari Bandung dan Malaysia, penampilan dari Canina (Surabaya), Irama Bama (Surabaya), Congrock (Semarang), dan Orkes Damai (Solo) juga menjadi tontonan menarik. Di sela-sela festival keroncong, panitia IKF menyelipkan acara peragaan busana batik.

Sayangnya, walaupun suguhan acara ini menarik ditonton, antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan musik keroncong pada hari pertama IKF 2008 tidak terlalu besar. Kegiatan Solo City Performance di Solo Grand Mall dan Solo Square yang digelar siang hari juga tidak banyak mengundang perhatian penonton.(SONYA HELLEN SINOMBOR)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com